Brilio.net - Multiple Sclerosis adalah gangguan neurologis yang bisa menimbulkan berbagai gejala pada fisik maupun emosi seseorang. Salah satu gejala yang pasti akan dialami oleh penderita Multiple Sclerosis adalah sensitivitas terhadap panas.

Dikutip brilio.net dari Brainblogger, Jumat (8/5), banyak studi yang telah membuktikan bahwa 60 sampai 80 persen penderita Multiple Sclerosis menunjukkan sensitivitas yang berlebihan terhadap panas. Sensitivitas bahkan dapat terjadi saat mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh mereka (seperti dari 0,25C menjadi 0,5C).

Apa yang menyebabkan mereka sangat sensitif terhadap panas? Menurut para ilmuwan, sensitivitas disebabkan karena adanya gangguan dalam mekanisme konduksi saraf fisiologis normal. Multiple Sclerosis sendiri adalah gangguan autoimun dimana terjadi kecenderungan pada sistem kekebalan tubuh untuk merusak jaringan atau organ yang sehat, khususnya pada lapisan pelindung yang disebut selubung myelin. Mielin saraf yang rusak tidak hanya memperlambat saraf mengirim impuls konduksi, tetapi juga menerima impuls frekuensi yang rendah.

Gejala dan tanda-tanda penyakit ini bergantung pada bagian mana dari sistem saraf yang terkena dampak dan tingkat kerusakan yang terjadi pada saraf. Jadi, kalau kamu mengalami sesuatu yang aneh dengan kondisi kesehatanmu, segera konsultasi dengan dokter ya, supaya kamu bisa mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.