Brilio.net - Setelah mengetahui ciri khas orang introvert dalam artikel 22 Tanda yang membantumu mengenali ciri-ciri orang introvert (klik di sini), ternyata ada penemuan baru yang menyatakan bahwa kamu sebagai introvert cenderung menghindari kopi ketika hendak rapat atau meeting. Hmmm... kenapa, ya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari newser, Selasa (22/12), awalnya kamu berpikir jika sebelum rapat penting, ada baiknya minum kopi untuk memberikan sensasi 'melek' dan siap menghadapi banyak orang dalam presentasi. Tapi faktanya, pikiranmu itu salah lho.

Sebuah ulasan dalam buku  Me, Myself, and Us yang ditulis Psikolog Brian Little menyatakan orang ekstrovert mungkin memang mendapat manfaat untuk minum satu atau dua cangkir kopi sebelum rapat, sedangkan introvert justru kurang mendapatkan manfaat tersebut. Hal ini terutama berlaku jika pertemuan itu terkait perihal kuantitatif, semisal proyeksi anggaran atau analisis data.

Selanjutnya ada penelitian yang menunjukkan otak ekstrovert dan introvert merespons secara berbeda terhadap lingkungan. Ekstrovert biasanya berada di bawah tingkat optimal kewaspadaan dalam hal lingkungan, sehingga kafein kopi bisa meningkatkannya. Namun bagi introvert, mereka sudah memiliki tingkat optimal kewaspadaan sehingga kalau ditambah dengan kafein, justru fokus semakin kacau. Masuk akal nggak?