Brilio.net - Banyak orang yang tak bisa lepas dari gula. Kamu juga suka banget makan gula atau makanan-makanan manis, kan? Gula itu seperti candu yang bikin kamu mau lagi dan lagi. Namun sayangnya, terlalu banyak makan gula juga nggak baik bagi kesehatan. Tapi kamu tenang saja. Sekarang ini ada 'obat' yang bisa mengatasi kecanduan gula tersebut. Bisa, ya?

Dikutip brilio.net dari newser, Jumat (1/1), menurut laporan media The Telegraph ada sebuah penelitian menemukan hormon yang diproduksi organ hati guna mengurangi keinginan makan gula. Hormon tersebut adalah Fibroblast Growth Factor 21 (FGF21). FGF21 diproduksi ketika tingkat karbohidrat dalam tubuh terlalu tinggi dan memberitahu otak untuk menekan keinginan tubuh terhadap gula.

"Kami tidak pernah membayangkan bahwa sirkulasi, faktor bawaan hati akan bisa berfungsi mengontrol nafsu makan makanan manis," tulis salah satu tim peneliti,  Matthew Gillum.

Hormon-hormon dikenal menekan nafsu makan secara keseluruhan, akan tetapi tidak berlaku terhadap tipikal nutrisi individu. "Ini adalah pertama kali hormon bawaan hati yang kita ketahui dapat mengatur asupan gula khusus," kata penelitian Matthew Potthoff dari University of Iowa, Amerika Serikat.

Penelitian yang hampir sama dan diterbitkan di Cell Metabolism menunjukkan tikus yang lahir dengan kekurangan FGF21 akan makan lebih banyak gula. Sementara mereka yang lahir dengan kelebihan hormon makan gula jauh lebih sedikit. Hasil penelitian ini bukan berarti membuat orang pasrah meyakini pengendalian nafsu makan gula ditentukan bawaan lahir.

Loading...

Dalam media The Telegraph dituliskan, para peneliti menemukan tikus yang disuntik dengan FGF21 justru mengalami penurunan makan gula sebanyak tujuh kali lipat. Penelitian kedua menemukan efek yang sama pada primata yang diberi beberapa dosis hormon. Hal ini bisa menjadi kabar baik bagi orang obesitas atau penderita diabetes.

"FGF21 dapat membantu orang yang mungkin tak terlalu mudah merasakan sesuatu ketika mereka punya cukup gula," ujar peneliti Lucas BonDurant.

Selain menekan nafsu makan terhadap gula, press release juga menyebutkan bahwa hormon yang sama juga bisa menekan keinginan minum alkohol berlebihan.

Hmmm... terobosan baru banget ya, guys? Kira-kira di Indonesia produksi FGF21 juga nggak ya nantinya?