Brilio.net - Pernahkah kamu kesulitan dalam memilih foto untuk urusan profil pribadi? Atau kamu merasa bingung dengan foto mana yang paling mirip dengan wajah kamu?

Hal ini terjadi  bukan karena kemampuan visualmu rendah. Melainkan, kamu mempunyai kesulitan dalam memilih foto yang menyerupai foto diri sendiri sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari British Journal of Psychology, Jumat (3/7).

Dalam studi ini, 130 mahasiswa pascasarjana ditugasi untuk memilih foto sebanyak 10 buah dari akun Facebooknya. Setelah itu, mereka memberikan penilaian foto tersebut mulai dari yang paling mirip hingga yang tidak mirip sama sekali. Selain itu, mereka juga melakukan rekaman video dan juga pengambilan foto dengan pose tersenyum dan tanpa ekspresi alias datar.

Untuk membandingkan hasil tersebut, sang peneliti, David White mengundang 73 responden yang tidak mengenali wajah dari kelompok responden pertama. Kemudian, setiap responden menjalani sebuah tes pencocokan wajah dari 130 mahasiswa tersebut.

Hasilnya ternyata berbeda. Kelompok responden yang kedua ternyata lebih tepat dalam mencocokkan foto wajah. Hal ini sangat berbeda dengan responden yang pertama. Kelompok ini ternyata kurang akurat dalam memilih foto yang mirip dengan dirinya sendiri.

Loading...

David menjelaskan bahwa hal ini bisa terjadi karena ingatan orang yang telah terkumpul pada dirinya. Kelompok pertama kurang akurat dalam menjawabnya karena ingatan dalam otaknya yang lama mempengaruhi dalam pemilihan foto yang mirip.

Di sisi lain, intuitif orang asing dalam menilai kemiripan orang lebih reliable meskipun hanya mengamati kurang dari satu menit.