Brilio.net - Kelaparan di tengah malam lalu makan besar dan gak kontrol? Hal-hal demikian kerap dialami sebagian besar dari kita. Setelah itu, perut kenyang, badan enak, dan bisa kembali meneruskan mimpi.

Tetapi, makan di atas jam 21.00 ternyata bisa berdampak buruh lho buat kesehatan dan yang jelas buat berat badan kamu. Seperti dilansir brilio.net dari healthmeup.com, ini alasan mengapa kamu harus makan malam lebih awal.

1. Berat badan

Merasa lelah? Alasan ini sangat mudah untuk membuatmu makan secara berlebihan saat makan malam. Kalau kamu makan malam lebih awal akan memberikan kesempatan tubuh lebih panjang  untuk mencerna makanan dan membakar kalori.

Tapi kalau kamu makan terlalu larut, yang terjadi malah sebaliknya. Kalori yang tidak terbakar akan diubah menjadi triglyceride dan kadar lemak ini akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke bahkan bisa menganggu program diet.

Loading...

2. Kesehatan pencernaan

Setelah makan terlalu malam kemungkinan besar pasti kamu akan langsung tidur. Padahal kalau setelah makan kamu tidur akan memperlambat pencernaan, menyebabkan kembung dan tidur jadi nggak nyaman serta perut terasa penuh saat bangun.

Belum lagi kalau posisi tidurmu yang sering telentang atau menyamping juga akan menyebabkan cairan di saluran cerna akan meluncur ke tenggorokan, sehingga menimbulkan rasa mulas.

3. Tidur

Waktu ideal untuk makan malam adalah pukul 19.00 atau paling nggak pukul 20.00. Tapi makan terlalu malam akan menganggu aktivitas tidur kamu. Karena sesungguhnya makanan butuh waktu sekitar satu atau dua jam untuk turun dan dicerna.

Jadi, kalau kamu tidur setelah makan, nggak menutup kemungkinan kalau tidur kamu jadi nggak nyenyak. Lebih baik memang makan lebih awal supaya tidur kamu terlepas dari gangguan kelaparan dan waktu tidurmu jadi lebih berkualitas.