Brilio.net - Keanehan di dunia ini memang tidak pernah ada habisnya, termasuk dalam perdebatan antara buah dan sayur. Mungkin kamu juga pernah berdebat soal yang satu ini. Wajarkarena memang banyak orang yang masih keliru menyebut sayur, padahal sebenarnya buah. Wajar saja hal ini terjadi karena perbedaan penggunaan antara ilmuwan dan chef.

Berikut adalah buah yang sering disebut sebagai sayur dikutip oleh brilio.net dari berbagai sumber.

1. Tomat

Sering dianggap sayuran, hasil pertanian ini sebenarnya buah

Perdebatan apakah tomat itu buah atau sayur sudah ada sejak abad XIX di Amerika Serikat. Waktu itu, pihak pengadilan Amerika memutuskan bahwa tomat merupakan sayuran. Hal ini terjadi karena tomat merupakan barang tidak kena pajak. Padahal, secara ilmu botani, tomat masuk dalam kategori buah-buahan. Berdasarkan hukum di Amerika tomat masuk dalam golongan sayur padahal sebenarnya buah secara ilmiah.

2. Mentimun

Sering dianggap sayuran, hasil pertanian ini sebenarnya buah

Buah ini seharusnya masuk dalam kategori buah-buahan. Alasannya adalah mentimun memiliki biji di dalamnya. Biji merupakan patokan utama dalam ilmu botani untuk mengkategorikan sebuah buah. Mentimun sering disebut sebagai sayuran karena buah ini sering muncul dalam menu salad. Selain itu, di dunia kuliner mentimun memang lebih cocok disebut sebagai sayuran.

3. Paprika

Sering dianggap sayuran, hasil pertanian ini sebenarnya buah

Lagi-lagi, kita sering menyebutkan bahwa paprika ini merupakan jenis sayuran. Padahal kenyataannya paprika masuk dalam kategori buah-buahan. Memang paprika lebih sering dimasak dengan bahan lain seperti daging atau sayuran lain. Itulah kenapa paprika sering dikenal sebagai sayuran daripada buah.

4. Kapri

Sering dianggap sayuran, hasil pertanian ini sebenarnya buah

Berdasarkan survei yang dilakukan, hanya satu pesen orang menyebut kapri sebagai buah-buahan. Hal ini patut diwaspadai karena sebenarnya kapri masuk dalam kelompok buah bukan sayur. Mungkin kamu akan merasa aneh jika menyebut kapri sebagai buah ketimbang sayur.

5. Terong

Sering dianggap sayuran, hasil pertanian ini sebenarnya buah

Sebenarnya terong satu rumpun dengan tomat, kentang, dan juga paprika. Secara ilmu botani, terong dimasukkan dalam kategori buah-buahan. Kenapa orang sering menyebut terong sebagai sayuran? Hal ini terjadi karena seorang chef sering menyebut terong sebagai sayuran. Seorang chef memasukkan terong dalam golongan sayur karena rasanya yang tidak manis. Padahal, secara ilmiah, terong dimasukkan dalam ketegori buah karena mempunyai biji.