Brilio.net - Terkadang kita bertanya-tanya tentang berapa kali kita harus buang air besar (BAB) dalam setiap harinya. Apakah BAB dua kali setiap hari itu normal? Atau dua kali sehari itu juga pertanda yang bagus?

Bagaimana jika lebih dari tiga kali dalam setiap harinya? Berikut adalah beberapa jawaban yang bisa mencerahkan persoalan BAB sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Men’s Health, Selasa (11/8). Ternyata jawabannya tergantung pada pola makan kamu.

Seorang ahli gastroenterology (pencernaan) asal Tulane University, Jordan Karlitz mengatakan bahwa banyak orang yang melakukan BAB tiga kali dalam seminggu. Akan tetapi banyak ahli sepakat bahwa kebanyakan orang BAB sehari bisa 1-3 kali. Meskipun begitu, yang harus dicermati adalah pola dari BAB itu sendiri. Jika ada perubahan yang mendadak, misalnya BAB lebih dari lima kali padahal biasanya hanya sekali, hal ini yang harus kamu perhatikan.

Tapi bagaimana jika kamu baik-baik saja tetapi seringkali BAB? Hal ini bisa menjadi faktor makanan yang kamu konsumsi. Bisa jadi kamu terlalu banyak makanan berserat, alhasil pencernaan kamu terlalu lancar dan membuat kamu sering BAB. Selain itu, antibiotik bisa menjadi sumber permasalahan ini. Untuk mengatasinya kamu bisa mengkonsumsi probiotik.

Jika tidak ada perubahan dengan makanan, bisa jadi kamu mengalami permasalahan dengan perut kamu. Bisa jadi kamu memang terserang virus atau keracunan makanan. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter. Biasanya, pola BAB kembali normal setelah dua minggu.

Loading...