Brilio.net - Kita pasti akan menjadi tua suatu saat nanti. Tapi, menjadi tua bukan berarti kamu jadi nggak bisa diandalkan, apalagi menjadi pelupa. Nah, biar nggak cepat pikun, jangan lupa minum kopi pahit saat sarapan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar internasional dari University of Lisbon, bekerja sama dengan University of Coimbra, Portugal, kafein yang terkandung dalam kopi dan teh dapat melindungi tubuh dari penurunan kognitif yang biasanya sering terlihat pada orang yang menderita demensia dan alzheimer.

Menurut Alexandre de Mendonca, salah satu dari peneliti, seperti dikutip brilio.net dari Sciencedaily, Senin (27/4), konsumsi jumlah moderat kafein berbanding terbalik dengan penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Bahkan dengan mengonsumsi kafein secara rutin setiap pagi, bisa menghindarkan tubuh dari resiko terkena penyakit parkinson.

Berdasarkan jurnal Phytotherapy research, alzheimer ditandai dengan penurunan asetilkolin. Nah kopi maupun teh pahit dipercaya dapat menghambat aktivitas enzim acetylcholinosterase (AChW) yang memecah bahan kimia atau neurotransmiter dan asetilkolin.

Tapi ingat, jangan kebanyakan ya? Karena kalau berlebihan, justru bisa meningkatkan serangan stroke lantaran terjadi kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk ke dalam sirkulasi darah, dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Loading...