Brilio.net - Rutinitas bisa jadi sumber rasa bosan dalam hidupmu. Bertemu dengan orang yang sama, mengerjakan kegiatan yang itu-itu aja bisa menyebabkan kamu jenuh. Apalagi hal tersebut sudah dilakukan bertahun-tahun. Wajar saja sebuah kebosanan menyerang.

Saat rasa bosan hadir, kamu berhasrat ingin menolaknya. Bahkan cenderung untuk melawan dan menghilangkannya. Memang perasaan seperti ini membuat kehidupan berasa kosong.

Secara ilmiah, kebosanan dipahami sebagai aktivitas yang membuat frustasi disertai dengan keinginan untuk melakukan hal yang memuaskan tapi belum tercapai, dikutip oleh brilio.net dari USA Today, Senin (8/6). Dalam kata lain, orang yang merasa bosan tidak bisa menyatu dengan pemikirannya sendiri atau lingkungan sekitar.

Sebenarnya bosan tidak selalu mempunyai kesan negatif. Sebuah kajian menyebutkan bahwa rasa bosan bisa memberikan efek yang positif. Pertama, kebosanan bisa menjadikan kamu menjadi lebih kreatif. Penyebabnya adalah kebosanan membuat seseorang untuk mengandai-andaikan sesuatu. Alhasil, kebosanan bisa menumbuhkan inovasi.

Efek yang paling mengejutkan dari rasa bosan adalah bisa mendorongmu untuk menciptakan tujuan hidup yang baru. Ketika kamu sudah tidak merasa tertantang untuk melakukan hal yang baru, kamu bisa menemukan kegiatan lain. Saat itulah, tujuan hidupmu diperbaharui.

Loading...