Brilio.net - Ikatan perkawinan ternyata bisa memberikan dampak terhadap kesehatan loh! Jadi kamu memang harus matang persiapannya untuk memilih jodoh. Apalagi, yang ingin mempunyai pasangan lebih dari satu alias poligami. Kamu harus siap-siap terima risiko terkena penyakit jantung. Tidak percaya?

Dikutip brilio.net dari European Society of Cardiology (ESC), Sabtu (2/5), terungkap bahwa poligami mampu meningkatkan resiko terkena penyakit jantung hingga empat kali lipat. Penelitian ini dilakukan di lima rumah sakit berlokasi di Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab dengan responden berjumlah 687 pria yang telah menikah. Rata-rata usia responden adalah 59 tahun.

Sebanyak dua per tiga dari jumlah responden adalah pria dengan istri satu, sedangkan 19% mempunyai dua istri, 10% beristri tiga, dan 3% mempunyai empat istri. Dari semua responden, ternyata 56% terkena diabetes, 57% terkena hipertensi, dan 46% lainnya terkena penyakit arteri koroner.

Hasil dari riset tersebut juga menambahkan bahwa pria dengan istri lebih dari satu, mengalami penuaan dini. Selain itu, mereka juga mempunyai riwayat penyakit arteri koroner.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Hasil dari penelitian itu juga menyebutkan bahwa pria yang melakukan poligami memiliki resiko terkena penyakit arteri koroner 4,6 kali lipat. Bahkan juga bisa terkena resiko left main disease (penyakit jantung lain) 3,5 kali lipat. Kesemua penyakit tersebut termasuk dalam golongan gangguan jantung.

(brl/pep)