Brilio.net - Menonton film di bioskop emang paling asyik bareng teman-teman atau orang tersayang, ya nggak? Ditambah lagi ada camilan seperti popcorn yang seringkali jadi pilihan favorit selagi menonton. Tapi siapa sangka, popcorn yang biasa disediakan di gerai makanan di bioskop dengan 2 pilihan rasa, manis dan asin ini hampir semuanya mengandung kalori tinggi. Survei mengejutkan dari para ahli mengatakan bahwa popcorn manis mengandung lebih dari 30 sendok teh gula dan popcorn asin mengandung lebih banyak garam dibanding dua Big Mac dan seporsi kentang goreng. Waduh!

Dilansir brilio.net dari mirror.uk, Jumat (19/6), hasil dari studi oleh kelompok kesehatan CASH (Consensus Action on Salt Health) menemukan 1.214 kalori pada 225 gram popcorn. Ini berarti melebihi setengah dari kebutuhan kalori wanita per hari. Popcorn asin dengan jumlah yang sama mengandung 5,1g garam sehingga hampir sama asinnya dengan air laut. Sedangkan 200 gr Toffee Popcorn memiliki 121g gula setara dengan 30,25 sendok teh gula atau lebih dari tiga kaleng Coke.

Survei ini dilakukan pada 154 jenis popcorn manis dan asin dari bioskop, merek besar dan supermarket dan ditemukan satu dari empat memiliki kadar garam yang tinggi.

Nah, kalau makanan ringan ini dikonsumsi terus menerus bisa menimbulkan beberapa penyakit. Apalagi kalau dikonsumsi sambil menonton film cenderung akan membuat makan jadi lebih banyak.

"Sayangnya industri makanan sering menyamarkan camilan ringan yang diproses seperti popcorn dengan iklan yang benar-benar sehat," kata Kawther Hashem, ahli gizi untuk Action on Sugar.

Kawther Hashem juga menambahkan bahwa dengan penambahan gula dapat menyebabkan penyakit obesitas, diabetes tipe 2 dan kerusakan gigi yang merupakan masalah serius bagi banyak orang. Wah!

Menurut saran ahli gizi, Sonia Pombo, popcorn yang tidak diberi rasa asin atau manis, masih bisa menjadi camilan untuk diet sehat karena mengandung biji-bijian, serat dan antioksidan.

Garam dapat meningkatkan tekanan darah, yang bisa memicu stroke dan penyakit jantung. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi garam dan gula adalah salah satu langkah yang paling efektif untuk mengurangi jumlah orang yang menderita bahkan meninggal akibat penyakit ini.

BACA JUGA:

Makan popcorn di bioskop bisa rugikan para pengiklan, kok bisa ya?

Sejarah popcorn, camilan andalan buat teman nonton bioskop kamu

Ini film pertama yang diputar di bioskop Indonesia

Nonton film yang menguras air mata bisa bikin gendut