Brilio.net - Kamu pernah lihat seorang pria membaca koran di pagi hari sambil ditemani secangkir kopi di sebelahnya? Pastinya. Bahkan ada beberapa iklan produk kopi di Indonesia yang sering kamu tonton, salah satunya ketika seorang istri membuat dan menyajikan kopi kepada sang suami di saat pagi, aroma kopi yang khas membuat suaminya tertarik dan bangun dari tidur.

Nah, masyarakat kita umum dengan kopi di pagi hari yang dipercaya bisa membuat melek, dan juga sebagai teman membaca koran atau sekadar menonton televisi. Apakah cuma di Indonesia saja? Bagaimana dengan sajian kopi di negara lain?

Sajian kopi di sangat beragam, tidak hanya umum di masyarakat Indonesia melainkan banyak negara di dunia yang juga memiliki sajian kopi dari pagi hingga malam hari, tapi dengan sajian yang berbeda dan juga sangat unik. Kamu pengen tahu? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber beberapa negara di dunia dengan sajian kopi yang unik, Senin (11/1).

1. Vietnam

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: scontent

Vietnam memiliki sajian kopi yang sangat khas dengan nama Egg Coffee.  Bahan dasarnya sangat beragam dan bakal bikin kamu pengen mencobanya, bahan dasarnya yaitu kuning telur, susu kental, gula dan kopi panas.

2. Finlandia

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: bincangkopi

Berbeda dengan Vietnam, Finlandia memiliki sajian kopi bernama Lapland. Di mana, gelas untuk wadah kopi diberi keju loka terlebih dahulu sebelum kopi dituang. Hmm, bagaimana ya rasanya?
 
3. Italia

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: unaitalia

Italia, negara yang terkenal dengan pizza ini juga memiliki sajian kopi yang sudah sangat umum. Bahkan di kafe hingga warung kopi memiliki jenis pilihan penyajian kopi khas Italia, yaitu Espresso. Kopi dengan tambahan irisan lemon, menggugah seleramu untuk mencoba taste-nya.

4. Argentina
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: receptai

Bagaimana dengan negaranya legenda sepak bola dunia Maradona? Argentina ternyata juga punya sajian kopi dengan nama Lagrima. Sajian ini memadukan antara kopi dengan susu.

5. Spanyol
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: flickr

Bonbon Coffee sajian asal Spanyol tak jauh beda jauh dengan Espresso, sajian kopi matador ini hanya menambahkan susu kental pada campuran Espresso sehingga menghasilkan rasa yang unik.

6. Maroko

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: datasphere

Maroko punya sajian kopi yang unik juga loh, seperti apa? Gilingan kopi dengan rempah seperti biji wijen, lada hitam, dan pala bukan hal biasa. Tapi, menghasilkan rasa yang kaya dan kuat.

7. Hongkong
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: youth-time

Sajian kopi dan teh dalam satu gelas, di Hongkong tempatnya. Coffe with tea menjadi sajian kopi dari ini campuran kopi dan teh menimbulkan rasa yang kuat pada tegukan pertama. Bahan dasarnya terbuat dari 4 campuran yaitu teh hitam, lada, susu kental dan dua tembakan kopi.

8. Yunani
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: republikakobiet

Bagaimana rasanya paduan kopi dengan es krim dan susu? Di Negara Yunani sajian ini dikenal dengan Frappe. Bahan dasarnya dari campuran kopi, es krim, susu kental dan air es dan menghasilkan rasa yang lezat saat meminumnya.

9. Jerman
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: essen

Di Jerman, ada sajian kopi yang unik. Di mana sebuah kopi dicampur dengan alkohol dan krim dengan nama Pharisaer.

10. Senegal
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: coffeebeanjunkie

Salah satu sajian unik berikutnya dari Senegal. Saat kopi dalam proses pemanggangan, lada ditambahkan kemudian di seduh seperti layaknya kopi biasa. Nama sajian kopi ini Cafe Touba.

11. Turki
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: flickr

Di Turki ada sajian kopi yang dicampur bawang putih dan madu, pasti rasanya sangat manis dan aromanya sangat unik. Sajian jenis Ini sangat populer di Turki, kadang-kadang disebut juga sebagai 'resep kuno'.

12. Jamaika
 

Pernah minum kopi? Ini 12 negara di dunia dengan sajian kopi yang unik foto: finecook

Jamaika memiliki sajian kopi dengan jeruk, dan juga kadang ditambah dengan rum lokal untuk rasa yang lebih kaya.