Brilio.net - Masih inget tokoh kartun pelaut keren penyuka bayam satu ini, guys? Apakah kamu juga seperti pacarnya Olive ini? Kamu keren gila kalau memang begitu adanya.

Sayuran bernama ilmiah Amaranthus tricolor L ini bukan hanya berfungsi untuk kesehatan mata dan memproduksi zat besi untuk mencegah anemia saja lho, tapi ternyata juga bermanfaat bagi otak!

Dilansir brilio.net dari elitedaily.com, Senin (13/4), sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh Chicago's Rush University menyatakan bahwa diet ketat sayuran hijau memungkinan dampak yang bagus bagi otak kita. Sebut saja salah satunya adalah bayam.

Perlu kamu tahu, sayuran hijau merupakan sumber vitamin K. Vitamin K sendiri merupakan vitamin yang berguna untuk membantu penyerapan zat kalsium atau dengan kata lain berfungsi penting dalam pembentukan tulang.

Nah, balik lagi kepada penelitian tadi. Para peneliti tersebut menyatakan bahwa satu atau dua porsi sayuran yang kaya vitamin K akan membantu kesehatan otak sampai usai lanjut. Penelitian ini sendiri sudah berlangsung sekitar 2-10 tahun dengan mengobservasi 950 responden yang berusia rata-rata 81 tahun.

Loading...

Mereka yang rutin mengonsumsi sayuran hijau, secara mental, usianya lebih muda 11 tahun daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran. Hal ini tentu saja sudah melibatkan faktor usia, gender, dan kondisi yang ada lainnya.

Pemimpin penelitian tersebut, Martha Clare Morris, menyatakan, "Mengingat generasi baby boomers sudah mendekati usia tua, ada permintaan besar dari publik untuk menjalankan perilaku gaya hidup yang dapat menangkal hilangnya memori dan kemampuan kognitif lainnya seiring bertambahnya usia."

Dia pun melanjutkan bahwa penelitian yang dia lakukan bersama tim membuktikan sayuran hijau dan makanan lain yang kaya vitamin K, lutein (senyawa berbentuk kristal padat dan berwarna kuning yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau), dan beta karoten (senyawa organik atau zat kimia alami yang terdapat pada berbagai jenis buah-buahan dan sayuran yang berfungsi sebagai antioksidan atau zat yang bermanfaat untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas dan serangan penyakit) dapat membantu menjaga fungsi otak dengan baik.

Penelitian ini sendiri disebut-sebut sebagai penelitian pertama yang mengaitkan antara vitamin K dengan kesehatan otak. Studi sebelumnya justru menunjukkan keterkaitan antara keterlambatan usia mental dengan beta karoten dan folat (disebut juga vitamin B9, yaitu nutrisi yang berfungsi untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, pembentukan sel darah merah, dan perbaikan DNA) saja.

Jadi, lanjutkan konsumsi sayur bayam ya!