×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penelitian: Tingkat kelucuan cowok lebih tinggi daripada cewek

View Image

0

BRILIO » Life

Penelitian: Tingkat kelucuan cowok lebih tinggi daripada cewek

Cowok tetap dianggap lebih lucu saat memproduksi sebuah guyonan.

13 / 04 / 2015

Brilio.net - Mencari hiburan di era masa kini sangatlah gampang. Kamu tinggal buka YouTube kemudian cari tentang stand up comedy. Lelucon yang disampaikan dengan gaya seperti masih digemari di Indonesia. Bisa jadi kamu merupakan salah satu fans terberat dari salah satu komika negeri ini. Tapi pernahkah kamu sadar mengapa komika didominasi kaum cowok? Bahkan cewek yang tampil sebagai komika jarang sekali.

Jawaban dari fenomena ini sudah didapatkan oleh tim peneliti kolaborasi antara Universitas California dan tim The New Yorker. Orang di balik tim ini adalah Laura Mickes dan Robert Mankoff. Mereka melakukan dua macam jenis percobaan untuk membuktikan bahwa cowok lebih lucu dibandingkan dengan cewek dikutip oleh brilio.net dari sciencedaily.com, Senin (13/4).

Dalam metode pertama, satu grup yang terdiri dari cowok dan cewek diminta untuk menuliskan deskripsi singkat dari sebuah gambar kartun. Tanpa diberitahu apakah penulisnya cowok atau cewek, semua peserta dalam grup tersebut diminta untuk menilai seberapa lucu deskripsi singkat tersebut. Hasilnya, kelompok tersebut mengindikasikan bahwa tulisan yang dibuat oleh cowok mendapat nilai lebih tinggi yang artinya lebih lucu.

Untuk percobaan yang kedua, tim riset masih menggunakan bahan dari metode pertama. Dalam uji kali ini, setiap peserta diminta untuk mengingat apakah gambar yang disertai dengan deskripsi singkat tersebut dibuat oleh cowok atau cewek. Hanya gambar yang lucu dan paling lucu saja yang digunakan dalam percobaan ini.

Sebelum diuji, mereka ditunjukkan gambar tersebut beserta jenis kelamin pembuatnya. Hasilnya adalah cowok mengingat lebih baik gambar-gambar yang diperlihatkan tersebut. Akan tetapi dalam percobaan ini, peserta dipengaruhi oleh stereotip bahwa cowok memang lebih lucu ketimbang cewek.

Loading...

Tim peneliti menyimpulkan bahwa cowok memang lebih lucu dalam humor yang levelnya sama dengan stereotip yang berkembang di masyarakat bahwa cowok memang lebih lucu daripada cewek. Meskipun, begitu, cowok tetap lebih lucu saat memproduksi sebuah guyonan.

Menurut kamu gimana?







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    60%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more