Brilio.net - Hari gini siapa sih yang nggak tahu apa itu selfie? Kegiatan narsis ini hampir pasti dilakukan semua orang dari belahan bumi mana pun. Media sosial yang semakin menjamur juga bikin banyak orang semakin gampang berekspresi dengan dirinya sendiri. Kamu suka selfie? Jangan terlalu sering ya! Kenapa gitu? Soalnya selfie itu bahaya, bisa bikin kamu jadi psikopat!

Jesse Fox PhD dalam studinya yang termuat dalam jurnal Personality and Individual Differences, seperti dikutip brilio.net dari USAToday, Minggu (25/5), mengatakan bahwa hobi selfie ternyata mendapatkan skor yang tinggi pada tes narsisme dan psikopat.

Penelitian yang melibatkan 800 orang berusia 18-40 tahun ini dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai foto-foto yang diposting oleh para responden. mereka juga diminta untuk mengisi beberapa kuesioner mengenai kepribadian.

Dari hasil penelitian terungkap bahwa kebiasaan mengedit foto terlebih dahulu sebelum diunggah ke internet bikin orang menjadi narsis. mereka juga menjadi lebih peduli dengan kepribadian, sedangkan kepribadian menjadi seakan-akan terlupakan.

Yang paling mengejutkan, mereka yang hobi selfie juga memiliki skor yang tinggi pada ciri kepribadian apsikopad, antisosial, bahkan mengobyektifikasi dirinya sendiri secara berlebihan. Bahaya nih! Kamu suka selfie?