Brilio.net - Pikun itu ternyata bukan monopoli orang dewasa doang, lho! Banyak orang yang walaupun umurnya masih muda, tapi udah pelupa banget. Nah, jika kamu merasa mulai pelupa, cobalah terapkan hasil penelitiaan ini.

Dilansir brilio.net dari laman Psycology Today, Rabu (8/4), Nature neuroscience melakukan sebuah penelitian mengenai manfaat segelas kopi dan kaitannya dengan fungsi memori seseorang. Jika kita meminum segelas kopi kita cenderung untuk memiliki kekuatan daya ingat yang lebih panjang dibanding orang lain.

Penelitian yang dipimpin oleh Michael yassa ini melibatkan 60 orang pelupa yang tidak pernah mengonsumsi kopi sebelumnya. Mereka diharuskan untuk melihat 200 gambar objek sehari-hari, seperti kursi dan lain-lain dalam sebuah layar dan mendefinisikannya kepada peneliti. Lalu setengah dari orang-orang itu diberi 200 miligram pil kafein dan sebagian lagi diberikan pil placebo yang mirip bentuknya.

Setelah diteliti, orang yang diberi pil placebo dapat menyebutkan gambar apa saja sesuai yang diinstruksikan. Tapi bagi orang yang diberi kafein, dapat menyebutkan gambar dan bahkan menjelaskannya secara detail.

Menurut Yassa, waktu ideal mengonsumsi kopi adalah 5 menit setelah sebuah kejadian yang harus kita ingat terjadi. Selain dapat menajamkan daya ingat, kopi juga meningkatkan daya rangsang. Itu sebabnya binatang nggak boleh diberi kopi karena dapat membuat pola tingkahnya berubah menjadi ketakutan. Kenapa? karena kafein dapat memacu jantung, sementara binatang tidak seperti manusia yang dapat mengontrol perilakunya.