Brilio.net - Sepatu dipandang sebagai kebutuhan wajib untuk melakukan exercises di tempat fitnes. Fashion item yang satu ini dianggap mampu menghindarkan rasa sakit akibat dari gerakan kaki itu sendiri. Tapi kenyataannya tidak semua latihan mesti dilakukan dengan sepatu. Bahkan, akan lebih baik jika dilakukan dengan telanjang kaki.

"Memakai sepatu sepanjang hari bisa melemahkan otot kaki," kata seorang kepala operasi pusat kebugaran Training for Warriors, Martin Rooney, dikutip oleh brilio.net dari Men's Health, Sabtu (30/5).

Selain itu, Martin juga merekomendasikan beberapa jenis latihan agar dilakukan tanpa sepatu. Jenis olahraga apakah yang dimaksud oleh Martin? Jawabannya adalah empat latihan berikut ini:

1. Push up

Cobalah lepas sepatumu saat melakukan push up. Hal ini bisa menguatkan tingkat mobilitas atau gerakan pada kaki. Selain itu, melakukan push up dengan seperti ini bisa meningkatkan gerak pada jari-jari kaki. Bahkan, cara seperti ini mampu membuatmu semakin tangkas untuk memanjat pohon.

Loading...

2. Deadlift

Pengertian dari deadlift adalah latihan beban dengan squad sebagai gerakan dasarnya. Tujuannya adalah untuk melatih tubuh bagian bawah. Jika kamu melakukan gerakan deadlift tanpa alas kaki sama sekali, tubuh kamu semakin dekat dengan lantai. Artinya kamu tidak terlalu tinggi mengangkat bebannya.

3. Lunges

Gerakan ini digunakan untuk merampingkan bagian paha. Lunges termasuk olahraga yang sangat sederhana. Gerakan ini hanya dilakukan dengan cara menekukkan lutut secara bergantian. Saat kamu mempraktikkan lunges tanpa alas kaki, maka koordinasi tubuh kamu semakin stabil.

4. Lari

Jika ingin melakukan lari tanpa sepatu, pastikan lintasannya aman. Jangan sampai banyak area yang berlubang. Lari tanpa sepatu bisa meningkatkan kekuatan tubuh karena perbedaan tekanan. Meskipun begitu, memang agak sakit jika melakukannya untuk pertama kali.

Jadi, apakah kamu berani melepas sepatu untuk melakukan olahraga di atas? Selamat mencoba!