Brilio.net - Makanan-makanan olahan pasti memiliki tanggal kadaluarsa. Lewat dari tanggal yang ditentukan, pastinya makanan tersebut sudah nggak bagus untuk dikonsumsi lagi.

Selain makanan, ternyata beberapa benda yang sering kita pakai sehari-hari memiliki kadaluarsanya juga, lho. Hal ini disebabkan karena ketika sering dipakai, barang tersebut mengalami penurunan fungsi. Sehingga, kalau kamu tetap menggunakannya, justru kesehatan kamu yang jadi taruhannya.

Berikut ini beberapa barang yang ternyata memiliki kadaluarsa, dan harus kamu ganti secara berkala.

1. Sikat gigi

Menurut penelitian, sikat gigi mesti diganti setiap tiga bulan sekali atau ketika bulu-bulunya sudah mulai rusak. Kalau tetap dipakai, bisa-bisa gusimu malah terluka dan berdarah. Nggak mau kan?

Loading...

2. Talenan

Makanan yang sehat bisa saja tetap membawa berbagai masalah kesehatan kalau nggak diolah dengan benar. Salah satunya talenan yang digunakan untuk sebagai alas memotong. Menurut Hygine Council, bakteri yang terpapar pada talenan bahkan 50 kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Makanya setelah selesai digunakan, kamu mesti mencucinya dengan cairan disinfektan. Kalau sudah mulai susah dicuci, ganti yang baru ya?

3. Sisir

Sisir itu tempat kumpulnya bakteri. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Food and Drink Federation, Inggris, setiap satu milimeter folikel rambut terdapat 50.000 bakteri. Jadi kalau sisir sudah mulai rusak atau ketika sedang menyisir malah terasa sakit, itu tandanya kamu mesti membeli sisir baru. Jangan lupa mencuci sisirmu dengan air hangat setiap seminggu sekali ya?

4. Bra

Payudara itu terdiri dari jaringan lemak. Jika tidak tersangga dengan baik, payudara akan lebih cepat turun dan mengendur. Paling baik, gantilah bra kamu setiap tiga bulan sekali. Khusus sport bra, kamu mesti menggantinya setelah dicuci 30 sampai 40 kali. Mencucinya juga jangan sembarangan ya? Detergen kimia dan pelembut itu musuh utama bahan lycra pada bra.

5. Matras

matras yang sudah terlalu lama dipakai ternyata bisa bikin kualitas tidurmu jadi nggak baik, lho. Kutu-kutu dan tungau yang berkembang biak di dalamnya juga bisa memicu gangguan pada kulitmu. Gantilah matras atau ranjang kamu setiap 8-10 tahun sekali.

6. Handuk

Berapa lama sih kamu menggunakan handuk dalam sekali pakai? Dua minggu? Tiga minggu? Atau sebulan? Handuk itu paling baik diganti setiap satu minggu sekali. Lebih dari itu, bisa-bisa kamu terkena infeksi kulit, lho! Apalagi kalau kamu terbiasa berbagi handuk dengan orang lain, waduh, gawat tuh! Jangan ya? Cuci handuk juga mesti menggunakan air panas minimal bertemperatur 60 derajat celsius sehingga kuman-kumannya benar-benar mati.