Brilio.net - Semua orang pasti ngerti kalau minum air putih itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain bisa mencegah dehidrasi, minum air putih dalam jumlah tertentu bisa bikin kulit terlihat lebih cerah dan bersinar. Tapi, hati-hati, jangan minum air sambil makan ya, pencernaan kita bisa terganggu, lho!

Kalau kamu minum saat sedang makan, hal itu akan menghambat kekuatan pencernaan perut yang pada akhirnya bikin kerja insulin meningkat sehingga makanan jadi sulit tercerna.

Menurut Shonali Saberwal, seperti dikutip brilio.net dari thehealthsite.com, Jumat (10/4), jika terlalu banyak insulin yang dilepaskan ke aliran darah, maka akan semakin tinggi kemungkinan untuk menyimpan lemak di dalam tubuh yang akan berakibat penyerapan nutrisi jadi terganggu.

Untuk menghindari minum air saat makan, dianjurkan untuk nggak makan makanan yang terlalu asin, karena rasa asin dapat bikin kita cepat haus yang akhirnya bikin kita lebih banyak minum saat makan. Cara terbaik, masih menurut Shonali, adalah dengan meminum air putih dua jam sebelum dan sesudah makan.

Sebenarnya, saat mengunyah pun mulut kita akan mengelurkan banyak enzim untuk mengunyah dengan lebih mudah, jadi nggak perlu minum air lagi saat makan.

Jaga kesehatan dan atur pola makanmu ya guys!