Brilio.net - Minum es teh apalagi saat matahari lagi panas-panasnya rasanya surga banget deh! Rasa plongnya tuh kayak kamu ketemu toilet setelah berjam-jam nahan pipis di jalan. Ngerti kan?

Ternyata, kebiasaan minum es teh itu nggak baik, lho. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Urology, teh yang diminum dengan es bisa memicu kamu terkena resiko batu ginjal. Waduh!

Hal ini disebabkan karena teh mengandung kalsium oksalat yang kalau terkena es akan meningkatkan jumlah senyawa ini menjadi lebih tinggi. Oksalat sendiri adalah zat kimia yang jika dikonsumsi akan menyebabkan pembentukan kristal kecil dari mineral yang bercampur dengan air seni.

Memang sih, kristal ini tidak terlalu berbahaya, tapi kalau dibiarkan terus, maka bisa membesar dan dapat menyumbat pembuluh darah pada ginjal. Batu ginjal inilah yang bisa merusak ginjalmu sehingga kamu jadi susah pipis.

Menurut Dr John Milner, instruktur urologi dari Loyola University Chicago Stitch School of Medicine, musuh utama penyebab batu ginjal adalah dehidrasi. Jika kamu minum es teh saat haus, maka oksalat akan dengan mudah mengkristal di saat kinerja ginjal sedang lelah karena kekurangan cairan. Waduh bahaya juga ya ternyata?