Brilio.net - Musim panas seperti ini memang asyik jika minum yang dingin-dingin dan menyegarkan. Beberapa orang pun kemudian memilih minuman bersoda sebagai pelepas dahaga. Rasanya yang menyegarkan dengan sedikit asam memang bisa membuat orang semangat lagi.

Meski begitu, kamu jangan sering-sering ya minum soda. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan Karolinska Institute di Swedia menyebutkan, bahwa pria yang minum dua kaleng soda atau lebih setiap hari memiliki risiko 23 persen terkena gagal jantung, waduh ngeri ya?

Dilansir dari TheIndependent, Jumat (6/11), penelitian ini mendata 42.400 pria berusia di atas 12 tahun. Hasilnya sungguh mencengangkan, ada 3.604 kasus di mana pria yang minum dua kaleng soda setiap hari mengalami gagal jantung. Bahkan 509 di antaranya kehilangan nyawa.

Minuman soda mengandung pemanis buatan yang berlebihan. Sedangkan mengonsumsi minuman manis merupakan penyebab utama penyakit gagal jantung. Tak hanya gagal jantung, namun minuman bersoda juga bisa menyebabkan penyakit diabetes.