Brilio.net - Microwave sudah menjadi alat masak favorit ibu-ibu dan kamu yang hobi masak. Jika menggunakan microwave, makanan jadi cepat matang dan terjamin kebersihannya. Tapi bagaimana dengan efek radiasinya? Benarkah microwave memiliki sumber radiasi berbahaya?

Salah satu stereotip cukup populer adalah microwave merupakan sumber radiasi serius. Namun, pada dasarnya itu nggak benar. Energi yang dihasilkan oleh microwave nggak cukup untuk proses ionisasi yang menyebabkan radiasi berbahaya. Ada pun radiasi yang dihasilkan, bukanlah ionisasi. Radiasi microwave ini sama halnya seperti peralatan listrik lain yang juga menghasilkan radiasi. Namun, dampak dari medan elektromagnetik terhadap kesehatan manusia belumlah diselidiki lebih dalam.

Nah, di satu sisi dalam kehidupan sehari-hari, kamu tak bisa sepenuhnya tak menggunakan barang dengan medan elektromagnetik. Tapi kamu bisa mencoba mengurangi efek negatifnya, tindakan ini disebut kebersihan elektromagnetik (electromagnetic hygiene). Bagaimana caranya?

Radiasi pada microwave sangat aktif ketika microwave dipanaskan. Nah, saat seperti ini, jangan berdiri di dekatnya. Kemudian, cabut peralatan listrik jika tak kamu gunakan. Pasalnya, peralatan listrik dalam modus siaga tetap menciptakan radiasi, lho!

Kembali pada microwave, apa yang terjadi pada makanan saat dioven dalam microwave?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Selasa (8/12), efek dari oven microwave didasarkan pada rotasi cepat elektron dalam perangkat khusus, yang disebut klystron. Sebagai hasil dari rotasi ini, elektron mulai memancarkan gelombang mikro elektromagnetik. Gelombang ini menemukan molekul makanan, yang kesemuanya mengubah polaritas mereka dari positif ke negatif dan sebaliknya. Hal ini terjadi jutaan kali per detik. Akibatnya, molekul yang cacat, dan asam amino yang terkandung dalam makanan kadang-kadang berubah menjadi bentuk beracun.

Jadi, kembali lagi pada kepatuhan kamu dalam memenuhi aturan memasak menggunakan microwave. Memasak dalam microwave hampir selalu memiliki batas waktu tertentu. Nah durasi memasak ini penting kamu perhatikan ketika memasak menggunakan microwave. Cara memasakmu juga menentukan kesehatanmu, lho!