Brilio.net - Buat kamu yang memiliki wajah berjerawat, kamu perlu berhati-hati nih buat nggak sembarangan tampil dengan make up pada kulit cantikmu. Karena salah pilih make up bisa memperburuk kondisi kulit bahkan bikin jerawat tambah parah, lho. Beda kalau kamu memilih produk tepat yang bisa menyamarkan jerawat, bisa menambah kepercayaan diri, kan.

Dilansir brilio.net dari Times of India, Sabtu (30/5), Dr. Sama Rais, konsultan dermatolog dan kecantikan mengatakan bahwa aplikasi makeup sebaiknya hanya pada momen-momen tertentu saja yang memang mengharuskan kamu memakainya. Sedangkan untuk keseharian, kamu bisa gunakan foundation dan concealer yang non-comedogenic. Yang terpenting hindari juga memakai riasan tebal.

Gunakan foundation yang formulanya bebas lemak. Lebih baik yang teksturnya cair atau berbentuk gel. Foundation jenis ini berfungsi meratakan warna kulit, menyamarkan noda dan jerawat tanpa terlalu menyumbat pori yang bisa menyebabkan jerawat makin meradang.

Dr. Poonam Wadhwani, dokter kulit kosmetik mengatakan, "Untuk kulit berjerawat gunakan make up yang bebas kandungan paraben, minyak, lanolin dan non-comedogenic. Jika seseorang memiliki kulit berminyak, hindari penggunaan krim dan hydrating moisturiser. Tapi gunakan primer atau make up base lalu bubuhkan bedak secara tipis dan merata ke seluruh wajah hingga leher. 

Penggunaan primer ini bertujuan untuk menyamarkan kerutan dan menghaluskan sekaligus meratakan tekstur kulit. Selain itu primer juga membuat riasan lebih tahan lama. Sedangkan untuk bedak, pakailah bedak tabur karena lebih ringan dan lebih aman untuk kulit berjerawat. Bedak tabur juga bisa membantu menyerap kelebihan minyak.

Loading...

Dermatolog Dr. Geeta Oberoi menyarankan untuk kulit berjerawat, gunakan make up yang minimalis. Dan pastikan juga untuk menjaga riasan wajah saat malam hari atau ketika di rumah untuk menghindari penyumbatan pori-pori. Jangan menggunakan minyak sebagai remover make up dan pilihlah pembersih muka yang ampuh untuk menghapus make up.