Brilio.net - Sejak demam film dan lagu-lagu Korea di Indonesia, banyak orang yang pengen liburan ke negara penghasil ginseng ini. Bahkan bisa jadi, liburan ke Korea ada di list paling atas di things to do before you die, ya nggak?

Tapi sebelum beneran bisa ke sana, ada baiknya kalau kamu belajar bahasa Korea dulu. Supaya ntar kalau sudah di sana, kamu nggak berasa kayak alien karena nggak ngerti apa yang mereka omongin.

Berikut ini 10 frasa dalam bahasa Korea, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (13/4), yang perlu kamu pelajari supaya liburan di Koreamu bisa jadi lebih seru dan nggak terlupakan. Cekidot!

1. (an-nyeong-ha-se-yo) = halo
Kamu yang sering nonton drama Korea pasti sering dengar kalimat ini. Yap, ini frasa dasar yang kudu kamu hafalin sebelum berangkat ke sana. Selain untuk memulai percakapan, frasa ini juga biasanya diucapkan ketika kamu masuk ke sebuah toko atau restoran.

2. (joe-song-ham-ni-da) = maaf
Di Korea semuanya dikerjakan dengan serba cepat. Jalan cepat, makan cepat, pacaran? Ah, semoga yang ini nggak cepat berakhir juga ya? Tapi semua yang serba cepat, kadang bisa bikin masalah. Kayak misalnya bertabrakan dengan orang lain. Waduh, jangan sampai kejadian ya? Tapi kalau kamu nggak sengaja tabrakan sama orang lain, atau kesalahan kecil yang nggak kamu sengaja, ucapkan frasa ini ya?

3. (ju-se-yo) = tolong/tolong berikan
Ini juga nggak kalah penting. Kalau lagi di toko dan ada barang yang kamu suka, kamu mesti ngomong "juseyo" setelah barang yang kamu inginkan. Misalnya kamu lagi di restoran dan kamu kehausan, kamu harus ngomong, mul juseyo, yang artinya 'tolong berikan air'.

4. (ban-gap-seum-ni-da) = senang ketemu kamu
Frasa ini sering diucapkan setelah menyebut, "annyeonghaseyo", artinya "senang berkenalan denganmu", atau, "senang ketemu kamu".

5. (kam-sa-ham-ni-da) = terima kasih
Tahu kan, kapan mesti ngomong kamsahamnida?

6. (jam-shi-man-yo) = tunggu sebentar
Bingung sama jalan? Jangan takut untuk bertanya! Ngomongnya kecepetan? Kamu bisa ucapkan frasa ini supaya kamu punya waktu untuk mengambil kertas dan menulis arahan mereka.

7. (eo-di-ye-yo) = di mana
Ini sama seperti poin nomor enam. Kalau kamu pengen ke suatu tempat, tapi kamu bingung mesti kemana, kamu bisa bertanya menggunakan frasa ini.

8. (i-geot) = (yang) ini
Lagi di restoran dan kamu nggak ngerti menunya karena berbahasa Korea? Kamu tinggal tunjukin saja gambar makanan yang bikin kamu ngiler sambil ngomong frasa ini. Atau kalau misal kamu nemu barang lucu di pasar, kamu mesti menunjuk barang itu lalu ngomong, igeot hana juseyo.

9. (eol-ma-ye-yo) = berapa harganya
Kalau sudah nunjuk, sudah dapat barangnya. Biar tahu harganya, kamu mesti menanyakan dengan menggunakan frasa ini.

10. ??? ? ??? (han-guk-mal jal mot-hae-yo) = saya tidak terlalu bisa bicara bahasa Korea
Wajar, kalau kamu sebagai wisatawan nggak terlalu mengerti Bahasa Korea. Nah, kalau misalnya kamu diajak ngobrol panjang lebar, dan kamu sama sekali nggak mengerti, kamu mesti ngomong frasa ini ya? Biar kamu nggak kelamaan roamingnya. Beberapa orang Korea juga mengerti Bahasa Inggris, jadi kalau ada yang nggak kamu mengerti, mereka akan dengan senang hati menjelaskannya dengan Bahasa Inggris.

Selamat piknik!