Brilio.net - Kamu tahu daun mint? Daun yang ukurannya imut-imut ini biasanya dipakai sebagai hiasan kue atau campuran dalam minuman. Rasanya dingin-dingin segar gitu deh. Aromanya juga bikin semriwing kalo dihirup. Tapi bukan cuma sebagai pelengkap makanan, kamu yang pengen kurus ternyata mesti sering-sering hirup aroma daun mint, lho.

Daun mint atau nama latinnya Mentha Cordifolia memang memiliki bau yang khas banget. Nah, bau wangi yang kamu rasakan sewaktu menghirup itu berasal dari kandungan minyak atsiri pada daun mint. Selain bisa bikin kamu lebih tenang, minyak atsiri juga bisa menakah nafsu makan. Jadi kalau mau dietmu berhasil, mesti sering-sering hirup aromanya, nih.

Khasiat daun mint untuk menahan nafsu makan ini diperoleh sejak adanya studi yang dilakukan oleh Wheeling Jesuit University, West Virginia. Dari penelitian ini, ditarik kesimpulan bahwa mereka yang mencium aroma mint, ternyata bisa membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan bahkan sampai dengan 23 persen.

Seperti dikutip brilio.net dari laman Coockiedaze, Kamis (9/4), cara terbaik untuk menghirup daun mint sebagai penahan nafsu makan adalah setiap dua jam sekali. Aromanya dapat merangsang otak untuk mengekang nafsu makan berlebih.

Manfaat daun mint ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan Universitas Texas. Menurutnya, tubuh yang stres dapat meningkatkan hormon ghrelin yang adalah penyebab utama munculnya hasrat untuk terus mengunyah. Menghirup aroma daun mint adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan nafsu makan.