Brilio.net - Kamu pasti pernah mendengar mitos bahwa makanan yang jatuh dan belum lima menit masih boleh diambil dan dimakan. Ternyata mitos ini dipercaya nggak hanya oleh sejumlah orang di Indonesia, tapi sampai di luar negeri.

Dalam versi luar negeri, aturan ini bukan lagi lima menit tapi lima detik. Kalau lebih dari lima detik, makanan yang telah jatuh sebaiknya dibuang saja.

Kamu sendiri percaya sama mitos ini nggak? Kalau iya, berarti kamu salah.

Bagaimana pun, makanan yang jatuh walau belum lima menit nggak seharusnya lagi dimakan. Ketika jatuh, makanan yang terkena lantai akan langsung terkontaminasi dengan bakteri atau kuman yang ada. Jadi, nggak perlu menunggu waktu sampai lima detik apalagi lima menit, bakteri akan langsung menempel pada makanan kamu yang masih utuh sekali pun.

"Tidak ada aturan lima detik. Itu hanyalah mitos. Kami tidak merekomendasikannya," ujar Rachel William, seorang ahli nutrisi dari Australia, seperti yang dilansir brilio.net dari National Geographic Indonesia, Selasa (14/4).

Loading...

Ada beberapa tipe makanan yang perlu dipertimbangkan apakah bisa dikonsumsi lagi jika jatuh di lantai. Kalau makanan basah yang jatuh, bisa jadi lebih berbahaya karena bakteri sangat mudah berkembang dalam makanan basah tersebut. Daging mentah, keju, nasi, dan makanan yang sudah diolah digolongkan dalam makanan basah yang mudah menjadi sarang bakteri.

Biskuit, kue, atau beras adalah golongan makanan kering sehingga bakteri sulit hinggap dan berkembang. Jika makanan kering yang jatuh, William mengatakan, bakteri akan lebih sulit berkembang.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan dalam Clemson University, seperti yang dilansir dari laman Intisari Online, mengolesi ubin lantai dengan bakteri penyebab tipus, kemudian menjatuhkan potongan roti dan sosis di atasnya. Hasil yang ditemukan adalah bukan hanya bakteri dan kuman penyebab tipus yang mampu bertahan hingga 28 hari di ubin, namun juga bakteri lain yang ikut menempel di potongan makanan yang telah jatuh.

Kesehatanmu adalah hal paling berharga yang kamu miliki. Makanya, makanan apapun yang telah jatuh sebaiknya nggak kamu ambil dan makan lagi ya. Seenak atau semahal apapun makanan itu, buang jauh meski belum lima detik bahkan lima menit.