Brilio.net - Banyak yang bilang cewek kalau menjelang haid itu galaknya minta ampun. Apapaun bisa jadi salah di mata cewek, salah sedikit marah, dibaikin marah, duh serba salah deh. Rasanya ingin jedotin kepala ke tembok deh kalau ketemu cewek yang lagi PMS kayak gini.

Eitss namun jangan salah, sebagai cowok kamu harus pengertian sedikit kalau cewekmu seperti itu. Memang hormon cewek yang mau haid itu naik drastis. Perubahan hormonal itu juga berpengaruh ke beberapa bagian tubuh,  salah satunya payudara yang terasa nyeri. Duh sakit banget dan bikin males ngapain-ngapain deh.

Nah kamu tahu nggak sih alasan mengapa payudara cewek sering nyeri menjelang haid? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho. Dilansir dari health.com, Rabu (30/12), bahwa hormon estrogen pada wanita melonjak naik saat menjelang haid.

Hal itu berakibat merangsang pertumbuhan kelenjar susu. Rasa nyeri pada payudara disebabkan oleh pertumbuhan itu. Biasanya wanita akan merasakan nyeri pada bagian atas payudara. Atau pada beberapa wanita nyerinya berada di samping sebelah ketiak.

Lalu bagaimana caranya mengurangi rasa nyeri itu? Cobalah memakai bra yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Kamu juga perlu mengurangi konsumsi garam, kafein, dan makanan berlemak seminggu sebelum haid. Namun jangan khawatir rasa nyeri ini akan berangsur-angsur hilang dengan sendirinya saat hari ketiga haid.  Jadi tak perlu khawatir jika kamu mengalami nyeri payudara menjelang haid, itu normal kok. Semangat ya ladies..

Loading...