Brilio.net - Kamu punya permasalahan kulit, semisal jerawat? Pernahkah kamu berpikir bahwa itu dipengaruhi oleh bahan makanan tertentu? Seperti kalau kamu alergi terhadap bahan makanan berprotein seperti telur, masalah pada kulitmu juga bisa bersumber dari makanan yang kamu konsumsi. Dalam hal ini terkhusus kulit wajah. Para ahli kecantikan biasanya sudah bisa menebak jenis makanan apa yang kamu makan hanya dengan memeriksa wajahmu, seperti yang dilakukan spesialis perawatan kulit Nigma Thalib.

Dikutip brilio.net dari COSMOPOLITAN, Rabu (30/12), ada perbedaan karakteristik wajah yang dipengaruhi bahan makanan, dalam hal ini adalah gula, wine, gluten, dan produk susu. Berikut penjelasannya:

1. Wajah gula

Kulit wajah bermasalah? Batasi konsumsi 4 bahan makanan ini, ladies!

foto: cosmopalitan

Karakteristiknya adalah terdapat garis dan kerutan di dahi, kendur di bawah mata, wajah tirus, jerawat hampir di seluruh wajah, penipisan kulit, pucat, dan alis tipis. Hal di atas terjadi karena bakteri dalam usus.

Menurut ilmu Face Mapping atau pemetaan wajah, yakni ide kuno yang menghubungkan bagian-bagian wajah dengan organ tubuh bagian dalam.  Saluran pencernaanmu terhubung ke dahi, sehingga kamu bisa melihat noda dan jerawat di wajahmu. Selain itu, peningkatan kadar insulin dapat menekan kelenjar adrenal yang sebagian mengontrol pertumbuhan alis, sehingga alismu tipis atau jarang.

2. Wajah Wine

Kulit wajah bermasalah? Batasi konsumsi 4 bahan makanan ini, ladies!

foto: cosmopolitan

Karakteristiknya adalah ada garis yang tercetak kemerahan antara mata, kelopak mata jadi sayu, pori-pori membesar, kulit mengalami dehidrasi ditandai munculnya kerutan samar di pipi, pipi dan hidung kemerahan, dan lipatan nasolabial yang mendalam. Hal ini dapat terjadi karena alkohol dalam wine bisa menyebabkan keriput di wajah. Alkohol dapat menyebabkan kapiler darah membesar sehingga pipi memerah. Menurut Face Mapping, daerah antara kedua alis itu terkait dengan kesehatan hati, sehingga kamu akan lebih banyak menemukan garis kerutan di area ini.

3. Wajah Gluten
Karakteristiknya adalah pipi merah membengkak, muncul bercak gelap atau bintik-bintik di sekitar dagu. Hal ini terjadi akibat peningkatan reaksi inflamasi dalam tubuhmu yang disebabkan gluten. Selain itu, gluten bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang berakibat pada keseimbangan reproduksi. Dengan begitu, jerawat hormonal muncul, terutama di sekitar dagu.

4. Wajah produk susu
Karakteristiknya adalah kelopak mata bengkak, lingkaran hitam di bawah mata dan terbentuk kantung mata, bintik-bintik putih kecil dan benjolan di dagu. Hal ini disebabkan intoleransi laktosa yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya muncul respons inflamasi dalam tubuh. Selain itu, hormon estrogen dan progesteron dalam susu menyebabkan sel-sel kulit kamu lebih banyak memproduksi pengeblok pori-pori wajah, mengikat sebum, dan menyebabkan bintik-bintik.