Brilio.net - Kalau lagi merasa sedih biasanya apa yang kamu lakukan? Kebanyakan orang sih bakal menangis, curhat ke sahabat, sampai mengurung diri di kamar. Tapi ada juga nih, yang malah sibuk melakukan hal yang bermanfaat untuk mengusir rasa sedihnya. Bahkan ada juga lho yang malah melampiaskan segala kesedihan terhadap makanan.

Banyak orang yang nafsu makannya jadi lebih tinggi justru saat dia sedang sedih nan menderita. Kenapa ya malah bisa begini?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan terlihat lebih menarik, ketika seseorang sedang merasakan kesedihan mendalam. Makanan yang dipilih pun cenderung yang mengandung lemak dan tepung.

Dilansir brilio.net dari Times of India, Rabu (29/4), seseorang yang sedih cenderung akan memilih makanan yang enak dan nikmat, salah satunya makanan cepat saji. Rutinitas ini kemudian akan membuat seseorang melihat makanan tersebut lebih menarik daripada makanan sehat.

Shira Gabriel, psikolog yang berasal dari University Buffalo yang telah menghabiskan waktunya untuk belajar mengenai ikatan emosional dengan makanan juga punya hipotesis bahwa bukan hanya makanan itu sendiri yang memberikan kenyamanan, melainkan faktor sosial juga mampu mempengaruhi menu makanan yang dipilih oleh seseorang.

Loading...

"Jika ibu kamu membuat makanan ketika kamu masih kecil, makanan itu punya kaitan dengan rasa kasih sayang yang dia berikan padamu saat itu. Kalau hubungan yang terjalin saat itu baik, maka asosiasinya akan baik juga dan lebih dari sekedar makanan," kata Gabriel, seperti dilansir dari brilio.net dari Elite Daily.

Dalam studi tersebut, dia memantau kebiasaan makan 100 orang selama dua minggu melalui menu makanan sehari-hari.

Gabriel menemukan bahwa orang yang melaporkan hubungan orangtua yang kuat cenderung bisa menikmati kenyamanan makanan dibanding orang-orang yang nggak berhubungan baik dengan orangtua. Selain itu orang-orang ini cenderung untuk lebih bisa menikmati makanan bahkan saat merasa sedih atau kesepian.

Hal ini menunjukkan hubungan kita dengan makanan tertentu merupakan perpanjangan dari perasaan kita terhadap orang-orang yang punya kaitan dengan makanan yang kita makan.

So, next time ketika kamu merasa sedih dan down, cobalah untuk meminta Ibumu untuk memasak makanan kesukaanmu deh. Kamu mungkin akan menemukan bahwa semua yang kau rasakan hanyalah sebuah keinginan untuk merasa nyaman lewat makanan yang bisa menghilangkan rasa sedihmu.

Jadi, apapun yang membuatmu bersedih jangan lupa makan ya. Kesehatanmu lho!