Brilio.net - Lidah tidak hanya berfungsi untuk mencicipi kelezatan makanan saja lho. Anggota tubuh yang satu ini bisa kasih tahu kondisi kesehatanmu.

Perubahan warna pada lidah merupakan tanda ada sesuatu yang ganjil pada tubuh kamu. Dikutip oleh brilio.net dari menshealth.com, Jumat (20/3), berikut adalah tanda-tanda dari lidah yang bisa menggambarkan kesehatanmu:

1. Bengkak berwarna keabu-abuan

Lidah dengan warna seperti ini biasanya diikuti dengan adanya bintil-bintil kecil di bawah lidah kamu. Artinya, kelenjar ludah kamu sedang tersumbat. Hal ini akan menghalangi tubuh kamu dalam menyerap air liur, sehingga terjadi pembekakan.

2. Adanya bercak merah atau putih

Loading...

Jika kamu melihat lidah kamu seperti kondisi ini, hal ini bisa menandakan kamu mempunyai kanker. Biasanya bercak tersebut mirip dengan cincin. Karena lidah yang sehat biasanya berwarna merah muda dan mulus.

3. Lidah berwarna merah tua

Sinyal ini mempunyai arti bahwa tubuh kamu kekurangan vitamin B12. Jenis vitamin ini sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan kekurangan darah atau anemia.

4. Kering dan putih mengkilap

Hal ini terjadi karena mulut kamu kering, atau bisa disebut dengan istilah xerostomia. Akibat lebih lanjut dari xerostomia adalah mempengaruhi keseimbangan bakteri pada lidah. Ketika diobati, mulut kering berisiko menyebabkan penyakit gusi dan gigi busuk. JIka sudah kronis, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter.

5. Berwarna hitam

Lidah dengan warna seperti ini biasanya terjadi setelah minum antibiotik. Hal ini bisa menganggu bakteri normal dalam lidah. Lidah dengan warna hitam biasanya juga diiukti dengan bintil-bintil kecil. Meskipun tidak berbahaya bagi sebagian orang, lidah dengan warna tersebut bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.