×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali jenis-jenis sakit kepala biar tahu cara mengobatinya

View Image

0

BRILIO » Life

Kenali jenis-jenis sakit kepala biar tahu cara mengobatinya

Ternyata pusing atau sakit kepala itu ada jenis-jenisnya, lho.

18 / 10 / 2015

Brilio.net - Kepala terasa mau pecah? Terkadang justru tak jelas dari mana asal dan 'letak'nya, kan? Nah, ternyata pusing atau sakit kepala itu ada jenis-jenisnya, lho. Mau tahu?

Berikut ini jenis-jenis sakit kepala yang wajib kamu, sebagaimana dilansir brilio.net dari Boldsky, Minggu (18/10):

1. Migrain

Umumnya migrain atau sakit kepala sebelah dialami oleh wanita. Sakit kepala jenis ini terjadi akibat peradangan para arteri dan pembuluh darah otak. Sensasi migrain adalah seakan kepala diremas dan berdenyut-denyut.

2. Sakit kepala sinus

Loading...

Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Nah, kalau terjadi peradangan akibat infeksi virus atau bakteri, akan muncul sinusitis. Hal ini yang menyebabkan kamu sakit kepala. Selain sakit kepala, gejala sinusitis adalah demam, hidung tersumbat atau berair, dan kehilangan indera penciuman.

3. Sakit kepala tegang

Sakit kepala ini paling umum terjadi, akibat aktivitas super padat dan menegangkan. Biasanya kamu yang mengalami ini akan pusing terus-menerus di seluruh kepala dan sakit di bahu dan leher.

4. Sakit kepala kluster

Sakit kepala ini jarang terjadi, tapi kalau terjadi seringnya menyerang laki-laki. Kamu akan merasa sangat sakit di salah satu sisi kepala. Saking sakitnya, bisa seakan menekan mata. Bahkan sensasinya bisa terasa bengkak di kelopak mata, hidung jadi meler, dan wajah berkeringat berlebihan.

5. Sakit kepala akibat hormon

Sakit kepala ini terjadi karena perubahan mendadak dalam hormon pada masa pubertas, kehamilan, menstruasi, dan menopause. Yang cukup sering mengalami ini adalah wanita. Selain itu, penyebab sakit kepala ini adalah obat-obatan seperti pil kontrasepsi, sebab dapat memicu perubahan hormonal sehingga sakit kepala.

6. Sakit kepala akibat kafein

Sakit kepala dipicu akibat kecanduan kafein, bersumber dari kopi atau teh. Rasanya kalau nggak minum teh atau kopi, kepala berdenyut-denyut bikin sakit banget. Maka dari itu, teh atau kopi di sini berfungsi sebagai 'obat' untuk mengatasi rasa sakit kepala ini.

7. Sakit kepala akibat sakit gigi

Pernah merasa sakit gigi tapi kok merembet ke sakit kepala? Hal ini bisa terjadi. Kondisi gigi yang buruk dapat memicu nyeri wajah dan pembengkakan, lho.

8. Sakit kepala karena mabuk

Alkohol yang berlebihan dapat membuat kepala sakitnya minta ampun, guys. Kamu bisa merasakan mati rasa untuk beberapa watku. Gejala lainnya adalah mual dan matamu merah.

9. Sakit kepala kronis

Sakit kepala ini nggak mudah kamu hindari. Orang tua maupun anak-anak bisa mengalaminya. Gejalanya adalah bulan ini kamu sakit kepala setidaknya dalam 15 hari, kemudian berulang bulan depannya juga sakit kepala serupa.

10. Sakit kepala mata tegang

Sakit kepala satu ini diakibatkan mata yang tegang setelah menonton televisi atau menatap komputer, atau membaca buku dengan minim cahaya. Hmmm ..., pernah merasakan?

Bagaimana, guys? Setelah tahu jenis atau lebih cenderung penyebab sakit kepala, kamu jadi tahu apa yang harus kamu lakukan. Bukan semata mencari obat untuk mengatasinya tapi juga mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Kebiasaan baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Setuju?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more