Brilio.net - Mengenal seseorang dari media sosial memang harus hati-hati. Kita nggak boleh langsung percaya begitu saja. Bisa-bisa kita malah jadi korban penipuan.

Seperti yang dialami Nurhayati (30). Perempuan ini mengaku menjadi korban penipuan dari seorang laki-laki yang dikenalnya di media sosial. Singkat cerita, setelah kenal cukup lama di Facebook, lelaki bernama Zaldi (44) tersebut menyuruh Nurhayati untuk datang ke kota lelaki tersebut di Pekanbaru sekitar bulan Mei 2015 lalu.

Nurhayati yang sudah percaya dengan Zaldi menurut saja. Dengan uang yang dikirim Zaldi, ia datang ke Pekanbaru dari Samarinda. Zaldi mengaku bekerja di perusahaan minyak Caltex.

"Dia mengaku kerja di Caltex, akhirnya aku ke Pekanbaru dengan uang yang dikasih sama dia," ungkap Nurhayati kepada brilio.net melalui layanan story telling bebas pulsa ke 0-800-1-555-999, Rabu (13/1).

BACA JUGA:
Perempuan ini dicerai suami gara-gara Facebook, duh!

Di Pekanbaru, Nurhayati tinggal di tempat Zaldi. Sebulan pertama, Zaldi tak menunjukkan tingkah-tingkah yang aneh. Bahkan, menurut Nurhayati Zaldi rajin beribadah dan sering membicarakan soal agama.

"Sebulan dia itu masih baik dan tanggung jawablah sama aku. Dia juga rajin shalat dan sering ngobrolin agama," kenang Nurhayati.

Zaldi mulai berubah ketika memasuki bulan kedua. Zaldi menyuruh Nurhayati untuk bekerja, dan uangnya justru sering digunakan oleh Zaldi.

"Setelah sebulan, dia nyuruh aku kerja. Aku kerja di kafe habis itu, malah duitnya sering dipakai sama dia," ungkap Nurhayati.

Merasa banyak dirugikan, Nurhayati semakin curiga dengan Zaldi. Pertengkaran pun tak dapat dielakkan. Zaldi mengemukakan bahwa uang itu layak digunakan olehnya sebagai ganti rugi biaya hidup Nurhayati dan perjalanan dari Samarinda ke Pekanbaru.

Tak cuma menggunakan uang Nurhayati, Zaldi juga membawa HP milik Nurhayati. Nurhayati yang kemudian tinggal terpisah dari Zaldi menghubungi Zaldi untuk mengembalikan HP-nya.

"Saya kan SMS dia, minta HP saya balik. Eh, yang bales malah istrinya. Terus saya ke rumahnya, ternyata sudah punya anak 4 dia," kata Nurhayati.

Cukup kaget dengan kenyataan Zaldi sudah punya istri dan anak, Nurhayati harus menerima kenyataan bahwa Zaldi juga seorang mantan narapidana.

"Istrinya bilang, dia kan sudah nikah 20 tahun sama Zaldi jadi dia tahu pasti yang salah suaminya. Ternyata Zaldi ini maling, pernah dipenjara juga tahun 2011 dan keluar tahun 2012," tutur Nurhayati.

Kini Nurhayati hanya bisa menyesali kecerobohannya dulu. Ia berharap uangnya yang dipakai Zaldi bisa dikembalikan. Sayangnya, sepertinya harapan itu sangat kecil karena Zaldi sendiri sedang kesusahan ekonomi.

"Saya cuma bisa menyesal sekarang dan berharap uang saya kembali. Tapi kayaknya nggak mungkin, dia kan nggak punya duit, buat makan keluarganya saja bingung," pungkas Nurhayati.

Cerita ini disampaikan oleh Nurhayati melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!