Brilio.net - Keajaiban dari tubuh manusia memang mencengangkan. Salah satunya adalah lidah. Meskipun lidah hanyalah sebuah otot tetapi kemampuannya luar biasa. Wajar saja jika banyak ungkapan menggunakan kata lidah, seperti "pandai bersilat lidah" dan "lidah lebih tajam daripada pedang".

Tapi, apakah kamu sudah tahu bagaimana luar biasanya lidah dalam mulut kamu? Berikut adalah fakta ajaib tentang lidah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Lidah merupakan organ tubuh yang tidak pernah lelah
Berdasarkan penuturan Maureen Stone dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Maryland, lidah merupakan bagian tubuh yang tidak pernah capai atau lelah. Bayangkan jika lidah kamu mengalami kecapaian, kamu bisa berhenti ngomong dan makan. Keculai jika kamu mempunyai kelainan, bisa saja lidah kamu mengalami kecapaian.

2. Sturkturnya mirip belalai gajah, tapi lidah bukan otot terkuat pada tubuh
Banyak yang beranggapan bahwa lidah merupakan organ yang paling kuat dalam tubuh manusia. Tapi hal ini bukanlah fakta yang sebenarnya. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Stephen Tasko, ahli terapi wicara dari Universitas Western Michigan University. Stephen menungkap bahwa salah paham jika lidah merupakan otot paling kuat di tubuh kita. Akan tetapi struktur lidah mirip dengan tentakel gurita dan belalai gajah. Selain itu, lidah merupakan kombinasi dari delapan otot. Jadi wajar saja jika lidah sering disebut otot paling kuat, meski salah.

3. Warna lidah bisa mengindikasikan kesehatan seseorang
Warna pada lidah juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kondisi tubuh seseorang. Jadi, sering-seirnglah mengecek warna lidah kamu dengan menggunakan cermin. (Baca: Kenali kesehatanmu lewat warna lidah). 

4. Lidah bisa sepanjang 10,1 cm
Berdasarkan catatan Guinness World Records, Nick Stoeberl merupakan manusia dengan lidah terpanjang di dunia. Nick berhasil mengalahkan rekor lidah terpanjang sebelumnya yang berukuran 9,8 cm milik Brit Stephen Taylor. Pria asal California, Amerika Serikat ini mengaku bahwa setiap pagi hari, dia membutuhkan banyak waktu untuk membersihkan lidahnya yang sepanjang 10,1 cm.

5. Lidah mampu merasakan 10.000 macam rasa
Kamu pasti akan terkejut jika lidah bisa mendeteksi 10.000 macam rasa. Hal ini memang sudah diteliti secara ilmiah. Akan tetapi, rasa yang sering kita kenal hanyalah rasa manis, asam, gurih, pedah, pahit, dan asin. Untuk mendeteksi rasa, lidah memberikan sinyal ke otak dengan menggunakan 10 hingga 15 dektetor pada lidah.