Brilio.net - Nasi merupakan sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi. Akan tetapi kalori yang tinggi bisa membuat tubuh memproduksi gula yang berlebihan. Hal ini bisa berbahaya bagi pengidap diabetes. Selain itu, tinggi kalori juga bisa menambah berat badan. Tidak mau kan gendut gara-gara nasi?

Buat kamu yang lagi masa diet, tidak perlu repot-repot mengurangi makan nasi. Teruskan saja mengkonsumsi makanan pokok ini. Tapi ada syaratnya. Makanlah nasi yang sudah didinginkan di kulkas.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Sri Lanka, kalori nasi yang didinginkan di kulkas bisa berkurang hingga 60%. Sang peneliti mengungkap bahwa proses pendinginan sangat penting bagi proses pengurangan gula oleh zat pati yang terkandung dalam nasi.

Dalam penelitiannya, sang ilmuwan menggunakan 38 jenis beras. Setelah itu, beras dimasak selama 40 menit dengan ditetesi satu sendok teh minyak kelapa. Kemudian nasi tersebut didinginkan di kulkas selama 12 jam.

"Selama didinginkan, ikatan hidrogen dalam nasi berbuah menjadi zat pati," kata sang peneliti dikutip brilio.net dari bbc.com, Rabu (25/3).

Jadi kamu tetap bisa kurus meskipun makan nasi. Tertarik mencoba?