Brilio.net - Salah satu sayuran yang ada di daftar menu lalapan adalah kubis. Akan tetapi, kubis juga bisa dijadikan menu lain, seperti sup atau bala-bala.

Tapi tahukah kamu, terlalu sering mengonsumsi kobis ternyata juga tidak bagus bagi tubuh? Berikut adalah 4 efek sampai terlalu sering makan kubis dikutip oleh brilio.net, dari sfgate.com, Minggu (22/3):

1. Perut kembung
Kubis merupakan sayuran dengan kandungan riffinose yang tinggi. Zat tersebut sangat sulit dicerna oleh tubuh. Riffinose merupakan senjenis gula dengan kandungan karbohidrat komplek. Zat tersebutlah yang menyebabkan perut kamu menjadi kembung. Kebanyakan makan kubis juga bisa menyebabkan perut tidak nyaman dan sering sendawa.

2. Diare
Siapa sangka sayuran yang satu ini bisa menyebabkan diare. Kandungan serat dalam kubis bisa memancing saluran usus aktif daripada biasanya. Akibatnya, tubuh kamu bisa mengalami diare. Terlebih lagi bagi yang sedang menjalani pengobatan kanker, sangat dianjurkan untuk menjauhi sayuran yang satu ini.

3. Menyebabkan darah encer
Jumlah porsi yang dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis adalah 2 cangkir setiap harinya. Memang, vitamin K dalam kubis membantu pembekuan darah. Akan tetapi jika kamu terlalu banyak makan sayuran ini bisa mengakibatkan darah semakin encer.

4. Kekurangan yodium
Kandungan Glucosinulate pada kubis bisa menyebabkan kekurangan yodium. Zat tersebut mengandung sulfur dan nitrogen yang menghalangi pertumbuhan hormon tirodi pada tubuh.