Brilio.net - Kalau kamu susah lupa sama mantan, itu wajar. Akan tetapi, banyak dari kita yang sering lupa dengan gambar-gambar sederhana, sebagai contoh logo Apple. Tahukah kamu seperti apa persisnya logo tersebut? Pasti susah kan mengingatnya? Jika kamu ingin membuktikannya coba saja klik link berikut http://gnodevel.ugent.be/memory-logo/. Jika kamu benar dalam menjawabnya, kamu luar biasa!

Dikutip brilio.net dari Journal of Experimental Psychology, Kamis (29/4), membuktikan bahwa banyak orang yang lupa dengan detail dari logo sederhana. Dalam kasus ini adalah logo produk milik Steve Jobs itu. Temuan ini merupakan hasil dari riset kolaborasi antara Adam B Blake, Meenely Nazarian, dan Alan D Castel. Para ahli tersebut tersebut berasal dari Universitas California, Amerika Serikat.

Dalam penelitiannya, mereka merekrut sebanyak 85 mahasiswa S1 dari universitas tempat mereka bekerja. Di antara peserta tersebut, 52 orang merupakan pengguna produk Apple, 23 orang menggunakan produk Apple dan komputer lain, sedangkan 10 orang lainnya merupakan pengguna merek selain Apple.

Kamu sering lupa dengan gambar yang simpel? Ini sebabnya

Percobaannya sangat simpel. 85 Mahasiswa tersebut disuruh untuk menggambar logo Apple disertai dengan keterangan kemampuan mengingat (recall) dan tingkat kepercayaan diri (confidence). Skor kedua keterangan tersebut diberi rentang antara 1 hingga 10 oleh para mahasiswa. Hasilnya sangat mengejutkan, dari 85 mahasiswa, hanya seorang saja yang bisa menjawab dengan benar. Setelah itu, peserta juga disuruh untuk memilih logo Apple yang benar di antara delapan gambar yang disediakan.

Loading...

Penjelasan dari hasil riset tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat rasa percaya diri seseorang, maka hasilnya semakin jauh dari benar. Sifat over dalam percaya diri inilah yang membuat mereka lupa dengan detail logo. Penjelasannya fenomena ini adalah 'change blindness blindness'. Maknanya adalah seseorang tidak sadar akan sebuah detail objek karena perubahannya.