Brilio.net - Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, awal tahun ini siap menggelar sebuah festival yang berbeda dari festival lainnya. nDirun Duren Festival Banjarnegara 2016 namanya. Dari namanya sudah bisa ditebak, bagi kamu pecinta durian sejati, sepertinya wajib datang ke festival ini.

Festival Durian Banjarnegara merupakan event yang digelar sebagai upaya untuk memperkenalkan Kabupaten Banjarnegara sebagai daerah sentra durian di Jawa Tengah. Banyaknya varietas durian lokal yang ada di Desa Singamerta, Dusun Dirun-lah yang memunculkan ide dari para petani lokal untuk mengadakan festival ini.

Berbagai acara bertemakan durian akan tersaji dalam festival ini. Seperti makan durian sepuasnya, parade durian, dan lelang durian. Tidak hanya itu, bagi peserta festival kategori VVIP akan disediakan juga fasilitas Homestay dan hunting langsung di kebun durian petani lokal.

Festival tahunan ini sendiri rencananya akan diadakan pada tanggal 23-24 Januari mendatang. Pagelaran kesenian tradisional dan musik jazz nantinya akan memeriahkan festival durian kali ini.

Selain makan durian sepuasnya, para peserta nantinya akan diberi kesempatan untuk membeli secara lelang jenis durian unggul yang ada di Dusun Dirun. Sebut saja seperti varietas Mimang, Kirik, Blimbing, Ceking dan Petruk. Total ada sekitar 69 jenis durian unggul yang akan dilelang.

Kamu pecinta durian, jangan lewatkan festival di Banjarnegara ini foto: Facebook Banjarnegara nDirun Duren.

69 jenis durian yang akan dilelang ini telah disertifikasi oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) demi menjamin kualitasnya. Setiap buah nantinya akan dihargai mulai Rp 25 ribu.

"Setiap pohon itu pasti ada satu buah yang unggul. Mulai dari bentuk, rasa, dan bobotnya. Buah itulah yang akan dilelang nantinya," ungkap Enra Riesti, koordinator acara kepada brilio.net, Senin (11/1).

Festival yang diselenggarakan merupakan kerja sama masyarakat Dirun dan Dinas Pariwisata Banjarnegara ini tepatnya bertempat di Dusun Dirun, Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

"Untuk tahun ini pertama kalinya kita bekerjasama dengan Dinas Pariwisata. Karena sekalian untuk memperkenalkan Dusun Dirun sebagai desa agrowisata," ujar Riesti.

Jadi bagi kamu pecinta durian sejati, pastikan tanggal 23-24 Januari sudah kamu tandai untuk datang ke festival ini, ya Guys!