Brilio.net - Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa melihat warna dapat mempengaruhi psikologis, emosional, bahkan fisikmu. Misalnya saja, warna merah cenderung memicu respons stres sehingga membuat lebih tegang dan cemas. Sedangkan nuansa warna kalem bikin kamu lebih tenang.

Kalau kamu terlalu stres atau tertekan, kamu bisa menggunakan warna sebagai 'senjata' manajemen stresmu. Mau tahu seperti apa?

Dilansir brilio.net dari laman timesofindia.indiatimes.com, Rabu (29/4), berikut ini warna-warna yang akan bikin kamu berpikiran tenteram dan berhati damai. Check it out!

1. Biru

Warna ini adalah warna yang menciptakan sensasi mendamaikan, tenang dan lembut, sehingga bisa digunakan untuk mengelola stres. Biru bisa menenangkan pikiranmu, memperlambat detak jantungmu, menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan.

Loading...

Biru diyakini memiliki efek pendinginan dan zat astringent (zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengerut). Warna ini biasanya digunakan untuk warna kamar supaya bisa memberikan efek tenang ketika hendak tidur.

2. Hijau

Hijau merupakan warna menenangkan dan melambangkan warna alam. Selain itu, warna ini memberikan kesan paling indah dan menghibur yang menarik perasaan harmonis.

Dia juga bisa meredakan kecemasan dan membuat kita selalu tenang dan segar. Warna hijau krem dan kucing pucat-hijau adalah warna yang paling ampuh mengurangi rasa stres dari semua 'keluarga' warna hijau.

3. Merah muda (Pink)

Merah muda atau pink mempromosikan ketenangan dan kedamaian. Bahkan Feng Shui menyatakan pink menenangkan berbagai energi di sebuah ruangan dan menciptakan suasana bersahaja. Walaupun warna pink dianggap sebagai warna feminin, biasanya untuk ruangan bayi di rumah sakit, tapi pink tetap cantik untuk hampir segala jenis ruangan.

4. Putih

Putih melambangkan kejelasan dan kesegaran. Warna ini bisa kamu gunakan untuk manajemen stres sekaligus menjernihkan pikiran yang kusut.

Ruangan bercat putih disebut-sebut sebagai ruangan yang ideal bagi wanita hamil. Tapi, perlu diingat, warna putih yang diperlukan adalah putih polos atau bersih. Kalau putih kusam, bisa saja mempengaruhi emosi juga 'kusam'.

5. Ungu (Violet)

Violet menandakan kekuatan, kedamaian, dan kebijaksaan. Warna ini memabwa keseimbangan dan ketenangan batin.

Violet juga dipercaya baik untuk pertumbuhan tulang, menjaga kalium dan natrium keseimbangan tubuh. Bahkan studi menunjukkan bahwa kekuatan meditasi bisa sepuluh kali besar di bawah sinar violet. Atau kalau tidak, bisa menggunakan buang berwarna ungu untuk dekorasi ruangan yang bisa digunakan meditasi.

6. Abu-abu

Banyak yang berpikir abu-abu warna membosankan dan menyedihkan. Padahal abu-abu mampu menghadirkan ketenangan dan pendinginan pikiran. Terlebih ketika abu-abu dipasangkan dengan unsur biru atau putih, sensasi santainya lebih terasa.

7. Kuning

Warna ini memberikan sensasi hidup lebih hidup dan energik. Jadi, kalau kamu ingin semakin produktif, tidak ada salahnya mewarnai ruang kerja dengan warna ini. Bisa juga dapur, kalau kamu memiliki hobi memasak sehingga lebih produktif memasak.

Well guys, selamat mencoba bermain warna. Jangan stres lagi ya. Kesehatanmu lho!