×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kamu komedoan? Ini cara murah dan alamiah menghilangkannya

View Image

0

BRILIO » Life

Kamu komedoan? Ini cara murah dan alamiah menghilangkannya

Setelah jerawat, permasalahan yang sering dihadapi orang adalah komedo.

29 / 04 / 2015

Brilio.net - Setelah jerawat, permasalahan yang sering dihadapi orang adalah komedo. Komedo bukan hanya terdapat di hidung tetapi bisa juga di janggut, punggung, dada, leher, lengan, dan sebagainya.

Memangnya, kenapa kita bisa berkomedo? Dilansir brilio.net dari laman homeremedyshop.com, Kamis (30/4), komedo terjadi karena folikel (kantung atau lubang) rambut-rambut di kulit tersumbat.

Sebuah folikel tunggal berisi rambut tunggal dan kelenjar sebaceous (kelenjar minyak yang memproduksi dan mengeluarkan sebum atau zat berminyak yang terutama terdiri dari lemak, keratin, dan bahan selular sehingga kulitmu lembut).

Nah, ketika sel kulit mati berakumulasi dengan minyak di dalam folikel, maka tersumbatlah lubang tersebut dan membentuk benjolan yang disebut komedo.

Jika kulit pada benjolan tetap tertutup, maka disebut whitehead (komedo berwarna putih), sedangkan jika kulit terbuka dan terjadi kontak dengan udara, maka muncul blackhead (komedo berwarna hitam).

Loading...

Pemicu munculnya komedo antara lain produksi sebum terlalu banyak, penumpukan jerawat pada kulit, pelepasan/ pengelupasan tidak tepat dari sel kulit mati, dan obat-obatan tertentu seperti androgen, kortikosteroid, atau lithium.

Namun kamu tidak perlu khawatir, guys. Tidak perlu ribet beli penghilang komedo kimia, kamu bisa menggunakan bahan dapur untuk mengatasinya.

Kamu cukup mempersiapkan:

1. Madu 1 sendok makan (sdm)

2. Garam 2 sendok teh (sdt)

3. Baking soda 2 sendok teh (sdt)

Kemudian, kamu mencampur semua bahan tersebut. Oleskan pada area berkomedo sambil memijatnya lembut dalam gerakan melingkar selama satu menit. Biarkan selama lima menit lantas bilas dengan air hangat.

Untuk tetap mencegah komedo, kamu bisa:

1. Membersihkan wajah dua kali sehari (pagi dan sebelum tidur)

2. Menggunakan pembersih wajah yang bebas bahan minyak karena produk berminyak dapat berkontribusi memicu munculnya jerawat, komedo, dan whitehead.

3. Pengelupasan kulit yang bertujuan mengangkat sel kulit mati, yaitu dengan cara menggunakan masker atau lulur wajah, setidaknya satu atau dua kali seminggu.

Bagaimana, guys? Selamat mencoba!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more