Brilio.net - Semua orang pasti pernah menderita batuk, mulai dari batuk kering dengan sakit di dada sampai batuk berdahak yang membuatmu sulit untuk bernapas. Nggak hanya menganggu aktivitas sehari-hari, tapi adanya perubahan musim yang tak menentu membuat kita juga nggak bisa untuk memprediksi. Selain dokter yang akan meresepkan obat kimia, tahukah kamu ternyata bawang putih efektif untuk mengobati batuk?

Bawang putih sangat baik untuk obati batuk. Kandungan zat antimikroba, antibakteri, antibiotik, antivirus dan juga ekspektoran (pengencer dahak) merupakan senjata ampuh untuk atasi berbagai macam batuk. Caranya juga sangat mudah, kamu cukup menyediakan bawang putih di antara bumbu dapur yang lain. Lalu mengolahnya dengan cara seperti yang dilansir brilio.net dari The Times of India berikut ini:

1. Menelan mentah-mentah

Setelah sarapan, telanlah 3-4 siung bawang putih. Jangan dikunyah lho, tapi ditelan! Hal ini akan meningkatkan kekebalan kamu dan membuat kamu siap terkena gejolak penyakit musiman yaitu batuk.

2. Goreng dan tambahkan ke dalam makanan

Loading...

Potong beberapa siung bawang putih, goreng dalam ghee (sejenis mentega) dan tambahkan dalam menu makanan kamu. Nggak hanya membuat makanan jadi lebih lezat tapi juga bisa meningkatkan pencernaan.

3. Buat sebagai minyak gosok

Panaskan minyak wijen dan tempatkan beberapa siung bawang putih di dalamnya. Masukkan ke dalam botol dan gunakan untuk menggosok di bagian dada dan di telapak ketika kamu sedang merasa kedingian atau batuk.

4. Tambahkan madu

Panggang satu bonggol bawang putih dan minum bersama satu sendok madu sebelum tidur untuk memberi rasa manis sehingga mudah untuk dikonsumsi. Bawang putih yang dikonsumsi secara teratur dalam sehari akan mampu meredakan sekaligus menyembuhkan batuk yang membandel.

Selamat mencoba! Yang penting tetap jaga pola makan, rutin olahraga dan istirahat yang cukup ya. Kesehatanmu lho!