Brilio.net - Kafein selama ini dikenal sebagai stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat manusia. Makanya, banyak orang yang suka minum kopi untuk bikin mata tetap melek di saat kantuk menyerang.

Tapi jangan banyak-banyak ya. Sebabnya, minum kopi atau minuman berkafein lainnya ternyata bisa membahayakan kesehatan matamu lho! Wah...

Dilansir brilio.net dari Livestrong, Rabu (6/5), ada dua penyakit mata yang sangat berbahaya yang akan menyerangmu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein:

1. Kejang pada kelopak mata

Konsumsi kafein dapat menyebabkan kelopak mata menjadi sering berkedut. Kondisi ini tidak terlalu serius, namun terjadi karena akibat efek stimulan dari kafein itu sendiri. Kondisi kelopak mata berkedut sering menyebabkan kejang otot secara periodik pada kelopak mata. Meski begitu, efeknya tidak akan terjadi secara permanen. Jika kamu mengurangi asupannya, maka kelopak mata akan berfungsi normal kembali.

Loading...

2. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan di dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak.

Lalu apa hubungannya glaukoma dengan kafein? Menurut laporan Glaukoma Reseach Foundation, mengonsumsi kafein ternyata dapat menyebabkan peningkatan tekanan intraokular pada mata. Peningkatan ini bisa berlangsung lama, sekitar tiga jam sebelum akhirnya normal kembali.

Glaukoma bisa sangat berbahaya bahkan menyebabkan kebutaan jika kamu mengonsumsi kafein dalam jumlah yang banyak pada satu waktu. Sayangnya, orang yang terkena glaukoma tak akan terlalu melihat perubahan yang terjadi karena tidak menampakkan gejala luar. Glaukoma sendiri tidak dapat disembuhkan, bahkan bisa menyebabkan kebutaan mata yang parah. Hiii, seram juga ya?