×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jika kamu ingin menjadi pramugari, taklukkan 20 hal ini

View Image

0

BRILIO » Life

Jika kamu ingin menjadi pramugari, taklukkan 20 hal ini

Banyak hal yang harus dikuasi oleh seorang pramugari.

21 / 03 / 2015

Brilio.net - Jika kamu menganggap menjadi pramugari itu menyenangkan, tampaknya kamu harus berpikir ulang. Memang menjadi pramugari bisa jalan-jalan gratis, maupun menginap di hotel mewah di sela-sela penerbangannya.

Akan tetapi banyak hal yang harus dikuasi oleh seorang pramugari. Berikut adalah 20 hal yang harus dikuasai oleh pramugari dikutip dari lifehack.org, Sabtu (21/3).

1. Bermental sprotif

Jika kamu tidak memiliki sifat ini lebih baik urungkan saja niatmu untuk menjadi seorang pramugari. Tingkat persaingan untuk profesi ini sangat ketat. Dari 20.000 kandidat yang melamar hanya diambil 1.500 orang.

2. Tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah

Loading...

Tinggi badan memang sangat krusial untuk pekerjaan ini. Akan tetapi jangan senang dulu bagi kamu yang mempunyai badan diatas 170cm. Meskipun setiap maskapai mempunyai syarat yang berbeda. Tapi mereka tidak memilih calon kandidat yang terlalu tinggi.

3. Bisa langsung dipecat

Bisnis penerbangan bukanlah bisnis yang sembarang orang bisa masuk. Sebuah maskapai harus memastikan keamanan dan kenyamanan setiap pelanggannya. Jika kamu salah berpenampilan saja kamu bisa langsung ditendang dari perusahaan. Apalagi kesalahan besar lainnya.

4. Dibayar per penerbangan

Gaji memang masalah yang sangat penting dalam sebuah pekerjaan. Untuk pramugari, kamu digaji per penerbangan. Artinya jika pesawat delay atau dibatalkan, kamu tidak dibayar.

5. Harus serba bisa

Di dalam pesawat, seorang pramugari tidak hanya mengingatkan penumpang untuk memakai sabuk pengaman saja. Lebih dari itu, mereka harus serba bisa. Misalnya, ada orang yang sakit di pesawat, sebagai pramugari kamu harus bisa menolongnya tanpa bantuan dokter.

6. Bermental polisi

Seorang pramugari harus teliti dengan penumpang. Terlebih lagi barang penumpang yang dibawa. Jangan sampai para penumpang membawa narkoba atau barang haram lainnya dalam pesawat.

7. Harus siap-siap dengan kecelakaan

Pesawat terbang memang rawan kecelakaan. Bahkan kecelakaan yang dialami oleh pramugari lebih parah dibandingkan yang dialami oleh penumpang itu sendiri.

8. Siap-siap dengan senioritas

Jika kamu anak baru dalam maskapai penerbangan, kamu harus sabar dengan sistem ini. Senioritas akan menentukan rute penerbangan, hari libur, dan akomodasi penginapan yang diperoleh oleh pramugari.

9. Harus profesional

Sikap ini harus dijunjung tinggi. Apabila kamu mempunyai hubungan lebih dari teman kerja dalam sebuah maskapi, kamu harus tetap profesional.

10. Mood harus terjaga

Apapun yang terjadi di dalam pesawat, kamu harus selalu tersenyum. Meskipun ada penumpang yang menyebalkan dan bikin emosi, kamu harus bersikap baik.

11. Pramugari merupakan lifestyle?

Ada benarnya jika ada yang mengatakan bahwa pramugari bukanlah sebuah pekerjaan semata. Kamu bisa menjadikan profesi ini sebagai gaya hidup. Untuk itu, kamu harus mengapresiasi setiap perjalanan. Dan harus mau untuk terbang dengan pengalaman baru.

12. Fleksibel

Pesawat bisa saja diterbangkan baik siang maupun malam. Jadi kamu harus siap dengan resiko tersebut. Rata-rata pramugari berada di udara antara 65-90 jam per bulan. Ditambah lagi mereka juga memerlukan 50 jam/bulan untuk persiapan dan menunggu delay.

13. Keselamatan penumpang adalah prioritas utama

Segenting apapun keadaan di pesawat, pramugari harus menyelamatkan penumpang terlebih dahulu. Keselamatan di pesawat bukan main-main, jadi kamu harus tegas jika ada penumpang yang bandel.

14. Harus sehat

Tubuh yang fit merupakan syarat utama untuk menjadi pramugari. Biasanya sebelum penerbangan, para pramugari dicek terlebih dahulu kesehatannya.

15. Setiap penerbangan tidak akan selalu sama

Meskipun rutenya sama, tapi sebuah penerbangan merupakan hal yang berbeda. Sebagai pramugari, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda.

16. Paham SOP penerbangan

Standard Operational Procedure (SOP) penerbangan merupakan kecakapan yang wajib dikuasi oleh setiap pramugari. Biasanya hal ini diberikan pada masa training. Seorang pramugari harus tahu penggunaan masker oksigen, sabuk pengaman, pintu darurat, parasut, berenang, dan lainnya.

17. Harus siap lelah

Bekerja di udara ternyata berimbas ke tubuh. Hal ini juga akan mempengaruhi jam metabolisme tubuh. Dan harus siap-siap dengan rasa lelah.

18. Kurang tidur

Tidak semua maskapai memberikan layanan hotel terbaik bagi pramugarinya. Kamu harus siap dengan resiko ini. Sebagai akibatnya, tidur kamu jauh dari kualitas yang bagus.

19. Mempengaruhi hubungan dengan keluarga dan pasangan

Jam kerja yang tidak tentu dan rasa lelah akan mempengaruhi hubungan kamu dengan keluarga, bahkan pasangan. Sebagai pramugari, kamu akan kesusahan menyeimbangkan antara kerja dan keluarga.

20. Bagaimana dengan minum alkohol?

Demi keselamatan, seorang pramugari tidak diperbolehkan minum alkohol 12 jam sebelum penerbangan. Jadi tidak sembarangan untuk mengkonsumsi hal yang satu ini.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    29%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    44%

  • Sedih

    7%

  • Marah

    2%

  • Love

    7%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more