Brilio.net - Jerawat menjadi momok setiap orang, terlebih cewek. Tak peduli artis papan atas maupun rakyat biasa, kaum hawa pasti pernah 'disamperi' jerawat. Hanya saja yang membedakan bersih kinclongnya adalah perawatan.

Nah, buat kamu yang ingin segera mengenyahkan jerawat, kenali dua tipe jerawat berikut, sebagaimana dilansir brilio.net dari Cosmopolitan Australia, Kamis (17/9).

1. Hormonal Acne

Boldijarre Koronczay, seorang ahli facial dari Eminence Organic Skincare yang berbasis di Kanada, menjelaskan bahwa jerawat hormonal muncul akibat langsung dari kadar estrogen, testosteron, dan androgen. Hormon-hormon ini berfluktuasi secara alami sepanjang siklus, yaitu selama 30 hari.

Ketika ada peningkatan testosteron dan penurunan estrogen, kulit merespons dengan memproduksi lebih banyak minyak. Kelebihan minyak inilah yang menyebabkan 'kemacetan' (biasanya sekitar mulut, dagu, dan rahang) yang kemudian menciptakan bakteri penyebab jerawat.

Loading...

"Jerawat jenis ini terjadi pada wanita dari segala usia, maka itulah alasan ini tidak berhenti saat kamu berusia 16 tahun," ujar Boldijarre.

Tapi, bukan berarti kamu tak bisa mengatasinya. Kamu tetap bisa menyeimbangkan produksi minyak alami kamu. Salah satunya adalah menggunakan kertas penyerap minyak wajah yang sudah banyak dijual di pasaran.

2. Cystic Acne

Jerawat cystic adalah jerawat yang kurang jelas. Boldijarre berkata, "Itu mungkin terkait dengan perubahan hormon, tapi juga bisa disebabkan genetika, kelembapan, dan penyumbatan yang disebabkan kosmetik, pembersih, dan lotion."

Boldijarre melanjutkan bahwa jenis jerawat ini muncul ketika bakteri jerawat berulah di bawah permukaan kulit, yang menyebabkan pecahnya folikel rambut di dekatnya. Hal ini menyebabkan reaksi berantai di kulit, memicu peradangan yang lebih luas, dan penyebaran bakteri jerawat semakin banyak.

Nah, selanjutnya, bagaimana cara mengatasi keduanya?

1. Hormonal Acne

a. Penyeimbangan hormon

Karena penyebab spesifik dari jerawat adalah hormonal, pengobatan tertentu diperlukan. Produk jerawat generik tidak dapat bekerja karena penyebabnya adalah sistemik, bukan eksternal. Oleh karena itu, cara terbaik adalah mencari produk yang bertujuan untuk menyeimbangkan hormonal.

b. Mencari fitoestrogen

Salah satu cara aman lain adalah menggabungkan produk dengan fitoestrogen dalam rejimen perawatan kulit.  Fitoestrogen adalah proses alami, di mana hormon nabati yang aman mengobati jerawat hormonal tanpa memasuki aliran darah. Fitoestrogen membawa keseimbangan kulit dalam mengatur produksi minyak dan menghilangkan bakteri.

c. Pakai cara alami

Untuk rutinitas perawatan kulit, lebih baik mencari produk alami dan organik (dengan fitoestrogen) untuk memastikan bahan yang kemungkinan paling murni.

2. Cystic Acne

a. Pengelupasan kulit secara teratur

Cara ini bisa dilakukan oleh ahlinya di pusat kecantikan. Dengan mengelupas kulit secara lembut rutin, bakteri penyebab jerawat akan bisa dihalau, tapi tanpa mengeringkan kulit kamu.

b. Mendapatkan lebih banyak sinar matahari (tapi dengan menggunakan SPF)

Luangkan beberapa menit di bawah sinar matahari setiap hari, seiring itu pakai juga SPF non-comedogenic, seperti bubuk mineral organik. Sinar UV matahari membantu membunuh bakteri.

c. Cari perawatan kulit probiotik

Carilah 'pertolongan' untuk menyeimbangkan tubuh dengan memasukkan probiotik dalam rutinitas harian kamu. Kamu bisa memakai pembersih dan pelembap mengandung probiotik. Menggunakan produk ini akan mengatur tingkat bakteri di kulit maupun lapisan di bawahnya.

d. Pakai produk ber-probiotik untuk internal

Jadi, bukan hanya pembersih dan pelembap saja yang perlu mengandung probiotik, tapi juga untuk lapisan dalam kulit bahkan ke seluruh tubuh. Dengan produk kecantikan yang mengandung probiotik, akan membantu mengatur kadar bakteri di dalam tubuh.

e. Menggunakan air dingin

Untuk mengatasi jerawat cystic, paling bagus mencuci wajah dengan air dingin. Air dingin membantu untuk meredakan peradangan dan kulit kemerahan.

Nah, bagaimana ladies, siap menumpas jerawat membandel?