Brilio.net - Well guys, bukan maksud nakut-nakutin. Tapi kamu perlu tahu bahwa ada makanan yang dapat memicu rusaknya suasana hatimu, bahkan bisa bikin depresi.

Eits, tapi tidak semena-mena bisa langsung bikin depresi. Melainkan kalau kamu hobi makan-makanan ini atau makan secara berlebihan.

Seperti dikutip brilio.net dari mnn.com, Jumat (8/5), berikut 3 makanan tersebut:

1. Hasil olahan biji-bijian

Jangan sering konsumsi 3 makanan ini karena bisa bikin kamu depresi!

Loading...

Bentuk olahan biji-bijian adalah pasta. Pasta memang terbuat dari tepung, namun tepung itu sendiri berasal dari biji-bijian, bisa beras, gandum, dan sebagainya. Nah, kalau kita memakan olahan biji berupa pasta setiap malam itu tidak bagus.

Sebuah penelitian pada Oktober 2013 dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity, menunjukkan bahwa pasta dan beras merupakan pemicu inflamasi (peradangan) dan dikaitkan dengan represi pada wanita usia 50-77 tahun.

Dalam studi tersebut, peneliti melihat kebiasaan makan lebih dari 40.000 wanita, yang mulanya tidak mengalami depresi. Namun ketika mereka rutin mengonsumsi pasta dan bahan makan pemicu inflamasi, mereka lebih mungkin menderita depresi.

2. Soft drink (minuman ringan)

Jangan sering konsumsi 3 makanan ini karena bisa bikin kamu depresi!

Menenggak soft drink memang enak. Tapi studi dari Brain, Behavior and Immunity menyatakan bahwa jenis minuman ini bisa menyebabkan depresi. Hal ini bisa terjadi terutama terkait kandungan gula dalam minuman ringan itu sendiri, terutama pemanis buatan.

Dikutip dari ctvnews.ca, seorang dokter bernama Honglei Chen dari National Institutes of Health di North Carolina menyarankan untuk mengganti minuman berpemanis untuk menurunkan risiko depresi.

3. Fast food (makanan cepat saji)

Jangan sering konsumsi 3 makanan ini karena bisa bikin kamu depresi!

Menurut sebuah studi dalam jurnal Public Health Nutrition pada tahun 2012 menyatakan bahwa orang yang suka makan fast food memiliki potensi mengalami depresi sebanyak 51%.

Dari penjelasan singkat di atas, bukan bertujuan membuatmu parno saat makan lho. Kamu boleh mengonsumsinya asal tidak berlebihan. Selain itu, untuk olahan seperti pasta atau nasi, bisa kamu kombinasikan dengan sayuran segar. Ingat kembali prinsip 4 sehat 5 sempurna deh, guys. Plus olahraga juga. Jangan khawatir lagi mengalami suasana hati kacau bahkan depresi. Kesehatanmu lho!