Brilio.net - Anak-anak Universitas Indonesia (UI) di Kampus Depok, Jawa Barat, pas lagi kelaparan sehabis kuliah atau saat jeda jam kuliah selalu memburu sejumlah tempat makan untuk mengisi perut mereka. Di kampus UI sebenarnya banyak kantin yang menawarkan aneka kuliner mulai dari masakan tradisional hingga menu ala Korea.

Hampir di tiap fakultas punya kantin yang juga sering dijadikan tempat nongkrong. Sebut saja Kancil yang merupakan Kantin Fakultas Psikologi UI. Kata Kancil merupakan kepanjangan dari “Kantin Cikologi”. Kantin ini juga dikenal dengan sebutan “Kanlam” (kantin lama).

Jangan ngaku anak UI kalau belum pernah makan di tempat favorit ini

Ada juga Kantek (Kantin Teknik). Dari namanya saja sudah jelas kalau kantin ini berada di Fakultas Teknik. Lalu ada juga Kansas (Kantin Sastra). Konon kantin ini pernah berubah nama menjadi “Kancut” (Kantin Kerucut) karena bentuknya mirip rumah Indian yang berbentuk kerucut. Tapi banyak juga yang menyebut kantin ini dengan sebutan Balsem (Balik semak) karena untuk menuju ke sini harus melewati semak belukar.

Tak ketinggalan ada juga Cakor (Cafe Korea) yang terletak di dekat perpustakaan UI. Masih banyak lagi kantin-kantin di UI yang bisa disambangi. Tapi dari sekian banyak kantin, anak-anak UI justru sangat sering menyerbu warung makan di daerah Kutek (kukusan Teknik), satu wilayah yang menjadi tempat kos anak-anak Teknik. Bahkan beberapa tempat makan di sini bisa dibilang menjadi legendaris di mata anak-anak UI. Selain karena menunya yang enak banget, juga harganya yang dianggap manusiawi.

Loading...

Tengok saja tempat makan Ayam Penyet Vokasi yang terletak di ujung jalan Kutek. Sambal penyet yang pedes gila menjadi favorit mahasiswa. Harga di ayam penyet vokasi ini juga murah meriah, hanya Rp 15 ribu untuk satu porsinya.

Jangan ngaku anak UI kalau belum pernah makan di tempat favorit ini

Tak jauh dari situ ada Warung Makan Samtari. Warung yang berada di belakang Kutek ini punya dua tempat makan loh. Menu andalan di sini adalah sate dan tongseng, rasanya pun sangat lezat. Setiap harinya tempat makan ini ramai dikunjungi mahasiswa.

Satu lagi tempat favorit anak-anak UI adalah Juice Lussie. Kalau cuaca panas, tempat ini menjadi sangat ramai. Mahasiswa UI datang ke sini untuk menyegarkan tenggorokan mereka dengan aneka minuman jus dan sop buah yang pastinya enak banget. Harganya pun sangat ramah kantong, berkisar Rp 5000-Rp 15.000. Segaaar! (Reporter: Syifa Fauziah Ramadhani)