Brilio.net - Kalau sakit, biasanya kita meminum obat supaya sakitnya hilang dan bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. Terkadang untuk mengurangi dosis, seringkali kita memecah menjadi dua atau lebih dari tablet itu. Hati-hati, kebiasaan ini ternyata membahayakan, lho!

Seperti termuat dalam Journal of Advance Nursing, yang dikutip brilio.net dari webMD, Jumat (15/5), memecah tablet atau pil dengan tujuan memperkecil margin dosis adalah kesalahan yang sangat membahayakan. Hal ini disebabkan karena tidak semua formula obat bisa dengan sembarang dikurangi. Bahkan menurut Charlotte Verrue, PharmD, PhD, dari Ghent University di Belgia, jika dilakukan maka akan terjadi konsekuensi klinis yang serius. Waduh!

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan lima orang relawan ini menggunakann delapan tipe pil yang dipoptong dengan menggunakan pisau dapur, gunting, pemecah pil dan menggunakan tangan. Para peserta lalu disuruh memecah pil-pil ini menjadi setengah dan seperempat dengan tiga cara ini.

Hasilnya, dari depan pil, tiga mendapat skor menurun hingga menengah, dua mendapat skor plus, dan tiga tidak mendapat skor. Pil-pil ini kemudian digunakan untuk mengobati kondisi seperti parkinson, artritis (rematik), dan penyakit jantung.

Para peneliti juga menemukan adanya penyimpangan dosis setelah mereka mengomparasi hasil timbangan sebelum dan setelah pil-pil dipotong. Dan bila pecahannya tak sempurna, bisa jadi dosisnya justru bisa membahayakanmu, lho.

Loading...

Menurut Dr Lothar Silalahi dari Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi, Yogyakarta, ketika dihubungi brilio.net, Jumat (15/5), hal ini sebenarnya bergantung dari obatnya itu sendiri. Ada obat-obat yang memang didesain semakin kecil dosisnya, maka semakin baik, demikian pula sebaliknya.

Untuk memastikannya, ada baiknya kamu bertanya kepada apoteker atau dokter sebelum kamu memotong tablet atau pil. Karena beberapa obat yang didesain untuk tidak dipecah tapi dipecahkan, bukan tidak mungkin justru membawa racun buat kamu.

HOT NEWS:

Misteri tempat yang ditunjuk Patung Pancoran

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Innalillahi, ibu dan anak meninggal dalam waktu bersamaan

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

VIDEO: Misteri lubang pemakan belasan pohon hanya dalam 30 detik