Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, bahkan mungkin kamu sampai pernah nggak selera makan demi sebuah pertanyaan sakral yang nggak bisa terpecahkan oleh akal sehatmu. Pernyataan itu adalah "kenapa sih kentut itu bisa bau?"

Kentut atau buang angin dan juga sendawa disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang dapat memproduksi gas di dalam perut. Sebenarnya bagus sih kalo kita kentut, karena itu artinya pencernaan kita dalam kondisi yang normal. Tapi bisa jadi kesalah besar juga kalo kita ngomongin kentut dari segi etika dan kesopanan.

Lalu apa sih sebenarnya yang bikin teman kamu tutup hidung rapat-rapat (dalam beberapa kesempatan, bisa membuat temanmu hampir pingsan), sambil ngomong, "gileeee, kentut lu bau bangeeettttt!!".

Nah, sebaiknya kamu perlu paham soal 5 makanan yang bisa jadi oknum utama yang bikin kita kentut dan menganggu kenyamanan orang lain. Cekidot!

1. Ubi

Nggak perlu panjang lebar deh buat ngomong kenapa ubi bisa bikin kentutmu bau. Ubi memang udah terkenal reputasinya sebagai makanan murah dan enak tapi bikin teman kamu melambai-lambaikan tangan ke kamera setelah mencium aroma kentutmu.

2. Soda

Minuman bersoda dapat membuat perut kembung karena berisi gas. Gas ini dihasilkan melaui proses karbonasi. Ini kenapa setiap habis minum minuman bersoda, kamu selalu ingin bersendawa.

3.Keju

Kalau tubuhmu nggak toleran terhadap latosa, maka tubuhmu hampir bisa dipastikan mengalami gangguan angin alias kentut setelah makan makanan yang mengandung keju. Nggak cuma keju aja sih, makanan dan minuman olahan susu juga dapat membuat perutmu penuh gas.

4. Apel

Banyak orang yang mengatakan apel adalah buah yang paling menyehatkan. Ada pepatah, "An apple a day keeps the doctor away". Tapi sebenarnya apel mengandung gas dan asam yang bisa bikin kentut menjadi bau.

Makanya sering kita lihat adanya cuka yang terbuat dari apel kan? Mungkin ini bisa jadi pepatah baru, "An apple a day makes your friends gone away". Oke sip!

5. Brokoli

Jangan sekali-kali makan brokoli yang masih mentah. Brokoli yang masih mentah ternyata susah diolah dalam tubuh, dan membuat produksi gas dalam perut semakin banyak.

6. Bawang

Selain membuat mulut berbau, bawang pun bisa bikin angin di dalam tubuhmu menjadi "galau". Akhirnya bikin kamu pengen buang angin terus-menerus.

7. Cabai

Cabai dapat membuat kamu ingin bersendawa dan buang angin karena memproduksi gas berlebih di dalam tubuh. Makan camilan yang pedas pun berpotensi bikin kamu sering kentut.

Nah, cek lagi deh. Jangan kebanyakan makan makanan di atas ya! Awas kentutmu bau!