Brilio.net - Bawang putih ternyata banyak mengandung manfaatnya lho! Termasuk ketika kamu memakannya dalam kondisi perut kosong. Seperti apakah itu?

Dikutip brilio.net dari laman timesofindia.indiatimes.com, Rabu (29/4), berikut ini manfaat bawang kala dikonsumsi ketika perut kamu kosong:

1. Antibiotik alami
Studi menunjukkan bahwa bawang putih memang menjadi antibiotik kala dimakan saat perut belum terisi apa pun. Hal ini akan sangat efektif ketika kamu memakannya sebelum sarapan karena bakteri akan segera 'lenyap' dan tidak akan bisa 'melawan' senyawa dari bawang itu sendiri.

2. Mengendalikan hipertensi
Banyak orang yang menderita hipertensi mengatakan bahwa bawang putih mampu menurunkan gejala hipertensi mereka.

3. Baik untuk usus
Bawang putih membantu fungsi hati dan kandung kemih. Dia juga efektif untuk masalah perut seperti diare. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengendalikan stres, sebab mencegah asam lambung yang biasanya meningkat saat kamu merasa gugup.

4. Detoksifikasi tubuh
Bawang putih dianggap sebagai salah satu makanan yang paling kuat untuk membantu detoksifikasi tubuh dalam pengobatan alternatif. Para ahli obat-obat yakin bawang putih bisa menyingkirkan parasit dan cacing dalam tubuh, mencegah penyakit seperti tifus, diabetes, depresi, dan beberapa jenis kanker.

5. Pernapasan
'Saudara' bawang merah ini ternyata memiliki fungsi untuk mencegah dan menyembuhkan Tuberkulosis (TBC atau TB), pneumonia, bronkitis, radang selaput lendir hidung dan bronkial kronis (chronic bronchial catarrh), asma, dan batu rejan.

6. Mengatasi Tuberkulosis (TBC atau TB)
Kalau didiagnosis Tuberkulosis (TBC atau TB), penderita bisa memakan satu kepal utuh bawang putih dalam setiap hari. Boleh dimakan mentah maupun dioven terlebih dahulu sampai kecokelatan.

Perhatian, untuk kamu yang alergi bawang putih, ada baiknya tidak memakannya dalam kondisi mentah. Atau kalau terjadi peningkatan suhu, sakit kepala, perubahan pada warna kulit, lebih baik berhenti mengonsumsinya.

Nah, karena bawang putih ini juga menimbulkan efek bau, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk pil.