Brilio.net - Cuaca yang panas memang paling seru kalau nyebur ke kolam dan berenang. Seger banget kan rasanya? Tapi hati-hati, jangan coba-coba berenang setelah makan besar atau dalam perut kenyang ya. Nggak cuma berisiko lebih besar untuk tenggelam, tapi juga bisa mengakibatkan perut memuntahkan kembali makanan yang telah kamu makan.

Seperti dikutip brilio.net dari Medical News Today, Kamis (4/6), para peneliti dari Tokyo Women's Medical University melakukan penelitian untuk membuktikan adanya hubungan antara asupan makanan dengan risiko tenggelam ketika berenang. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data tentang 536 otopsi yang terjadi antara bulan April 2000 sampai dengan Desember 2007. Laporan tersebut kemudian dievaluasi hasil otopsinya, berkas perkara, laporan kecelakaan, serta laporan yang dibuat oleh polisi untuk menentukan bagaimana para korban bisa meninggal.

Dari hasil penelitian, para peneliti menemukan fakta bahwa 79,4 persen mereka yang meninggal karena tenggelam memiliki isi perut yang dapat terlihat, atau dalam kata lain makanan yang mereka makan sebelumnya tidak tercerna dengan baik oleh perut. Kenapa bisa begitu?

Ketika seseorang berenang dalam kondisi perut kenyang, hal ini dapat memicu aliran darah terfokus ke usus selama proses tubuh mencerna makanan. Otak pun jadi kekurangan darah sehingga seseorang bisa saja kehilangan kesadarannya. Bahkan risiko terburuk berenang dengan perut kenyang bisa mengancam keselamatanmu, lho. Waduh!

HOT NEWS:

Loading...

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut