Brilio.net - Buat kamu pengguna iPhone pasti sering dong menggunakan aplikasi pesan teks atau iMessage? Selain menuliskannya sesuai bahasa yang kamu inginkan, kamu pasti juga sering menambahkan emoticon. Tapi nih, pernah nggak menerima pesan dalam huruf Arab dan membuat aplikasi iMessage di iPhone kamu jadi terganggu?

Sebabnya, baru-baru ini sejumlah pengguna yang aktif menulis pesan dengan huruf Arab melaporkan iPhone mereka bahkan mengalami restart bahkan cepat reboot jika menerima simbol dan huruf Arab tertentu, seperti dilansir brilio.net dari MacRumors, Senin (1/6).

Gangguan atau bug tersebut terjadi ketika iMessage atau SMS menerima simbol atau huruf Arab tertentu. Ini pertama kali dilaporkan oleh blog teknologi MacRumors, Selasa (26/5), berdasarkan laporan dari forum Reddit dan telah menyebar di Internet sejak saat itu.

Jika aplikasi pesan teks dibuka pada daftar tampilan, akan membuat iPhone menjadi berhenti mendadak secara otomatis. Dan, jika dibuka percakapan dimana kamu menerima pesan, aplikasi akan terbuka tapi ketika kamu mencoba keluar ke percakapan lain menyebabkan pesan menjadi crash.

"Kami menyadari masalah pada iMessage yang disebabkan oleh serangkaian karakter unicode tertentu dan kami akan memperbaikinya dalam pembaruan peranti lunak terkini," tulis juru bicara Apple dalam email kepada iMore.

Sebenarnya kamu dapat memperbaiki masalah ini dengan meminta seseorang untuk mengirimkan pesan atau dengan mengirim pesan kepada diri sendiri. Ada beberapa pilihan untuk mengirim pesan kepada diri sendiri, termasuk mengirim sendiri pesan melalui Siri atau melalui aplikasi seperti Notes.

Untuk mengirim sendiri pesan di Siri, beritahu Siri untuk "kirim pesan ke diriku sendiri." Nantinya, Siri akan membuka dialog dimaan kamu dapat memberi pesan cepat seperti "Fix" yang akan dikirim ke iPhone kamu untuk membersihkan pesan yang menganggu dan berbahaya.